JJ Rizal Minta Halte TransJ Diubah agar Tak Halangi Patung Selamat Datang

ADVERTISEMENT

JJ Rizal Minta Halte TransJ Diubah agar Tak Halangi Patung Selamat Datang

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 18:22 WIB
Ahli sejarah JJ Rizal
Sejarawan JJ Rizal (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Seorang sejarawan melakukan protes ke Gubernur Jakarta Anies Baswedan karena Halte TransJakarta Bundaran HI menghalangi Patung Selamat Datang. Ia meminta pembangunan halte itu dihentikan dan diganti dengan rancangan yang tidak menghalangi pandangan ke arah Patung Selamat Datang.

Adalah JJ Rizal yang memprotes pembangunan halte itu. Dia tidak meminta lokasi halte dipindah dari kawasan pusat bisnis Jakarta itu, melainkan cukup desain haltenya saja yang diubah.

"Desain yang lebih merunduk menghormat cagar budaya, bukan dengan sengaja malah memanfaatkan ruang yang bernilai komersial untuk komersialisasi," kata JJ Rizal kepada detikcom, Kamis (29/9/2022).

Lulusan Universitas Indonesia (UI) sekaligus pendiri Komunitas Bambu ini menuntut desain halte yang menghormati sejarah. Soalnya, Patung Selamat Datang dan bangunan di sekitarnya memang warisan untuk generasi mendatang.

"Halte dapat tetap dibangun di tempat itu, tetapi carilah model arsitektur yang ramah dan respek pada kawasan sejarah," kata Rizal.

Patung Selamat DatangPatung Selamat Datang (Ari Saputra/detikcom)

Di Twitter, Rizal menjelaskan satu per satu objek yang tertutup proyek halte TransJakarta. Pertama, Patung Selamat Datang. Kedua, ada air mancur yang bernama Henk Ngantung Fontein di bawahnya. Dua objek itu adalah karya Sukarno, maestro patung Edhi Sunarso, dan Gubernur Jakarta Henk Ngantung.

Objek selanjutnya yang seharusnya tidak tertutup halte adalah Hotel Indonesia. Soalnya, hotel itu bukan cuma simbol awal pariwisata modern Indonesia pascakolonial, tapi juga arsitektur karya Abel Soerensen yang mengarsiteki markas besar PBB di New York. Namun kini objek-objek bersejarah itu menjadi korban vandalisme, begitu kata Rizal, dari proyek pembangunan.

Revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia terus dikebut. Begini progres terkininya.Revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia terus dikebut. Begini progres terkininya. (Agung Pambudhy/detikcom)

Bangunan bersejarah selanjutnya yang tertutup halte TransJakarta adalah Gedung Sarinah. Gedung itu punya arti penting karena menandai ekonomi kerakyatan.

"Pak Gubernur Anies Baswedan, mohon setop pembangunan Halte Transjakarta Tosari-Bundaran HI yang merusak pandangan ke Patung Selamat Datang dan Henk Ngantung Fontein warisan Presiden Sukarno dengan Gubernur Henk Ngantung sebagai poros penanda perubahan ibu kota kolonial ke ibu kota nasional," kata JJ Rizal dalam cuitan di akun Twitternya. Ia telah mengizinkan detikcom mengutipnya.

(dnu/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT