Survei PDB: 91,2% Warga Tak Tahu Calon Pj Gubernur Pengganti Anies

ADVERTISEMENT

Survei PDB: 91,2% Warga Tak Tahu Calon Pj Gubernur Pengganti Anies

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 17:01 WIB
Kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tampak kosong. Usai Ahmad Riza terkonfirmasi positif corona, gedung Blok B Balai Kota ditutup sementara.
Gedung Balai Kota DKI Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pusat Data Bersatu (PDB) melakukan survei terkait pergantian penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Survei itu menunjukkan 64,2 persen warga Jakarta mengetahui masa jabatan Anies dan Riza akan berakhir 16 Oktober mendatang.

"Kita menanyakan bahwa pada Oktober ini Pak Anies dan Bang Riza Patria itu selesai atau lengser, kita menyatakan bahwa tahu tidak mereka bahwa Pak Anies dan Bang Riza itu berakhir, 64,2 persen menyatakan mereka tahu, tetapi 35,8 persen menyatakan tidak tahu," kata peneliti dari Pusat Data Bersatu, Syarifuddin, saat membacakan hasil survei di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Syarifudin mengatakan PDB kemudian melanjutkan survei terhadap 64,2 persen warga Jakarta yang mengetahui masa jabatan Anies-Riza akan berakhir. Survei itu menunjukkan 91,2 persen responden tidak mengetahui nama calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan.

"Kemudian pertanyaan lanjutan dari yang tadi 64,2 persen kita juga menyatakan bahwa mereka tahu nggak siapa sosok-sosok yang nantinya kemungkinan menjabat sebagai PJ Gubernur. Nah dari 64,2 persen tersebut hanya 8,8 persen responden yang tahu, sisanya sebanyak 91,2 persen mereka menyatakan tidak tahu siapa yang nanti akan menjabat," tuturnya.

Diketahui ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar

Kemudian, survei PDB itu juga menanyakan tahu-tidaknya responden terkait jabatan Gubernur DKI akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo dan menjabat hingga pelaksanaan Pilkada 2024. Sebanyak 55,5 persen responden menyatakan tidak tahu sementara 44,5 persen responden mengetahui Pj Gubernur akan dipilih presiden dan menjabat hingga Pilkada 2024.

Hasil survei PDB terkait sifat yang diinginkan dimiliki oleh Pj Gubernur pengganti Anies:

- Mengayomi 54,5 persen
- Bersih dari KKN 12,1 persen
- Berpihak pada rakyat 6,3 persen
- Netral dari Kepentingan Politik Identitas 6,3 persen
- Diterima semua kalangan 4,8 persen
- Pintar 4,5 persen
- Tegas 4,3 persen
- Taat Beragama 3,8 persen
- Toleran 1,3 persen
- Ramah 1,3 persen
- Netral dari polarisasi/perbedaan masa lalu 0,8 persen
- Lainnya 0,3 persen

Hasil survei PDB terkait kemampuan seperti apa yang diharapkan dimiliki oleh Pj Gubernur pengganti Anies:

- Membangun ekonomi 65,9 persen
- Meningkatkan Kualitas Pendidikan 15,4 persen
- Menjaga Stabilitas Politik 9,1 persen
- Meningkatkan Kualitas Kesehatan 6,3 persen
- Meningkatkan Kegiatan Keagaman 1,5 persen
- Meningkatkan Kegiatan Seni dan Budaya 0,8 persen
- Lainnya 0,8 persen
- Tidak Tahu 0,3 persen.

Lihat juga video 'Heru Budi Soal Gantikan Anies: Hari Esok Penuh Misteri':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT