Suami Idap Maag Akut, Wanita Asal Asahan Andalkan BPJS untuk Berobat

ADVERTISEMENT

Suami Idap Maag Akut, Wanita Asal Asahan Andalkan BPJS untuk Berobat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 08:25 WIB
Peserta BPJS Kesehatan
Foto: dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah membantu menjamin pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia, termasuk warga asal Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara Kiki Junika Sari (28).

Kiki memanfaatkan program JKN saat mendampingi suaminya berobat. Ia bercerita awalnya mengira sang suami hanya mengalami sakit ringan biasa. Namun, lama kelamaan kondisi sakitnya kian memburuk hingga akhirnya memutuskan untuk dibawa ke Puskesmas terdekat.

Sayangnya, ia dan sang suami tidak mendapat jawaban jelas soal penyakit suaminya. Hal ini membuat suami Kiki lantas dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

"Awalnya sekitar bulan Januari tahun 2021 lalu, suami saya sering merasakan seperti masuk angin. Kami juga tidak memeriksakannya karena kami pikir hanya sakit ringan saja," ungkap Kiki dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

"Semakin hari suami saya tambah lemas, sakit kepala sampai sesak napas. Akhirnya setelah sempat bolak balik ke Puskesmas, suami saya dirujuk ke RSUD H. Abdul Manan Simatupang. Setelah diperiksa darahnya, kata dokter kemungkinan ada sakit maag yang sudah parah," imbuhnya.

Lebih lanjut, ibu dua anak yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) tersebut pun menjelaskan sang suami sudah tiga kali menjalani rawat inap di rumah sakit karena sakit maag. Usai empat hari dirawat inap, suaminya pun berangsur sembuh.

Kiki pun mengaku merasa puas dengan pelayanan Program JKN. Sebab, selama berobat, sang suami mendapatkan pelayanan yang baik dan tak mengeluarkan biaya apapun.

"Memang penyakitnya ada sejak masih lajang karena kerjaannya supir, kadang jarang makan. Kami merasa puas dengan pelayanannya. Tidak dipersulit sedikitpun. Semuanya gratis dengan menggunakan JKN ini. Mulai dari pemeriksaan, obat-obatan sampai rawat inap di rumah sakit semua gratis," kata Kiki..

Ibu rumah tangga ini pun bersyukur saat ini keluarganya telah terdaftar dalam Program JKN. Kiki merasa Program JKN merupakan sesuatu yang wajib dimiliki masyarakat Indonesia. Walaupun tidak sedang sakit, kata Kiki, semua orang harus terdaftar JKN untuk berjaga-jaga ketika mendadak harus berobat.

Simak juga 'Dirut BPJS Pastikan Pengobatan Penyakit Kawasaki Ditanggung BPJS':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT