Program JKN Bantu Biaya Rawat Inap Pemuda di Kabupaten Karawang

ADVERTISEMENT

Program JKN Bantu Biaya Rawat Inap Pemuda di Kabupaten Karawang

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 08:17 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Usia muda bukan jaminan seseorang selalu dalam kondisi fit dan sehat. Hal itulah yang dirasakan oleh Dimas (25).

Warga Kabupaten Karawang ini diketahui sempat terbaring di rumah sakit akibat sakit lambung yang dideritanya. Beruntung ia telah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah atau peserta mandiri.

"Awalnya saya sudah menjalani rawat jalan selama kurang lebih satu minggu karena sakit lambung, tapi tidak ada perubahan. Perut saya terus terasa sakit hingga saya lemas. Akhirnya saya memberanikan diri untuk datang periksa lagi ke rumah sakit dan ternyata saya harus menjalani rawat inap," ungkap Dimas dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Bagi Dimas memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu keharusan. Sehingga dirinya yang memiliki hobi bermain futsal ini bisa datang kapan saja untuk memeriksakan diri ke rumah sakit, tanpa khawatir soal biaya.

"Alhamdulillah saya bersyukur telah memiliki Kartu JKN. Saya sangat mengerti betapa pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Benar terbukti sekarang ketika saya harus menjalani rawat inap seperti sekarang saya tidak perlu khawatir karena saya dapat menggunakan Kartu JKN untuk biaya pengobatan saya," kata Dimas.

Dimas mengungkapkan sebelumnya dirinya telah menggunakan Kartu JKN untuk menjalani tindakan operasi kelenjar getah bening. Ia pun tidak dapat membayangkan jika harus membayar sendiri biaya operasi tersebut.

"Program JKN telah memberikan manfaat yang sangat besar dalam hidup saya. Selama saya menggunakan Kartu JKN, pelayanan yang saya dapatkan selalu memuaskan dan sangat baik. Selain itu saya juga tidak merasakan perbedaan pelayanan dengan pasien-pasien lainnya," tutur Dimas.

Dimas berharap BPJS Kesehatan beserta dengan fasilitas kesehatan dapat terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya peserta JKN. Dengan demikian masyarakat dapat menikmati jaminan kesehatan yang pasti dan aman.

Simak juga 'Tingkatkan Fasilitas, Dirut BPJS Kesehatan Targetkan Tak Punya Utang ke RS':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT