Jejak Pengacara Eliezer, Pernah Bela Ahok hingga Korban Kecelakaan Tugu Tani

ADVERTISEMENT

Jejak Pengacara Eliezer, Pernah Bela Ahok hingga Korban Kecelakaan Tugu Tani

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 16:51 WIB
Ronny Talapessy
Ronny Talapessy (Yulida/detikcom)
Jakarta -

Ronny Talapessy kini dikenal sebagai pengacara Bharada Eliezer atau Bharada E dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Sebelumnya, Ronny juga pernah mengawal beberapa klien, dari mulai Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Hercules.

Sebagaimana diketahui, kuasa pengacara Bharada E yang sebelumnya Muhammad Boerhanuddin dan Deolipa Yumara telah dicabut. Keduanya hanya 5 hari mendampingi Bharada E. Bharada E kini sudah menunjuk Ronny Talapessy sebagai pengacara baru. Ronny mengaku ditunjuk langsung Bharada E dan keluarga.

"Saya ditunjuk langsung oleh Bharada E dan keluarganya," ujar Ronny Talapessy saat dihubungi, Jumat (12/8/2022).

Ronny Talapessy mengaku mendapatkan kuasa dari Bharada E sejak 10 Agustus 2022. Ronny Talapessy juga menunjukkan surat kuasa yang ditandatangani oleh Bharada Richard Eliezer.

Dirangkum detikcom, Rabu (28/9/2022), Ronny pernah menjadi pengacara beberapa klien ternama, dari Ahok hingga Hercules.

1. Ahok

Pada 2016, Ronny pernah mendampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kala itu tersangkut kasus dugaan penistaan agama.

Ketika itu Ahok dilaporkan atas dugaan penistaan agama karena pidatonya yang menyebut surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu. Ahok pun telah meminta maaf atas pidatonya tersebut. Namun sidang kasusnya tetap berlanjut. Ahok tak melanjutkan bandingnya pada tahun 2017. Ahok menjalani hukumannya dan bebas pada 24 Januari 2019.

2. Hercules

Ronny juga pernah menjadi pengacara Hercules Rozario Marshal, terpidana kasus pengancaman, pada 2013.

Hercules dinyatakan telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana terhadap petugas yang sah. PT mempidana Hercules dengan pidana penjara 4 bulan 27 hari. Hercules bebas pada 2 Agustus 2013.

Simak video 'Konpers Eks Pegawai KPK Jadi Pengacara Ferdy Sambo dan PC':

[Gambas:Video 20detik]



Siapa lagi yang pernah dibela Ronny? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT