Beredar Video Penggeledahan Rumah Hasto PDIP-Rp 50 M Ditemukan, KPK: Hoax!

ADVERTISEMENT

Beredar Video Penggeledahan Rumah Hasto PDIP-Rp 50 M Ditemukan, KPK: Hoax!

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 16:41 WIB
Video hoax penggeledahan rumah Sekejn PDIP
Video hoax penggeledahan rumah Sekjen PDIP (Foto: dok. KPK)
Jakarta -

Sebuah video beredar di media sosial yang menarasikan KPK melakukan upaya paksa penggeledahan terhadap kediaman Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. KPK memastikan tayangan tersebut hoax.

"Komisi Pemberantasan Korupsi memperoleh informasi beredarnya video hoax tentang kegiatan penggeledahan yang dilakukan KPK pada salah satu rumah kediaman milik pihak tertentu," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).

Ali menjelaskan video hoax itu berisi kutipannya yang dipotong secara tidak utuh dan digabungkan dengan sejumlah informasi lain. Dia menyebut video itu sengaja diunggah untuk menyudutkan Hasto, yang dinarasikan tertangkap KPK dengan tumpukan uang Rp 50 miliar.

"Video hoax tersebut mengutip pernyataan juru bicara KPK Ali Fikri secara tidak utuh dan digabungkan dengan potongan-potongan informasi lainnya. Sehingga video dimaksud mengarahkan pada informasi yang tidak benar, dengan diberi judul KPK temukan tumpukan uang Rp 50 miliar hasil korupsi oleh pihak yang disebut dalam video hoax ini," terangnya.

Ali tegas meminta pihak pengunggah video itu segera menghapus postingan tersebut. Dia juga meminta agar oknum tersebut berhenti menyampaikan informasi bohong.

"KPK tegas meminta kepada pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoax dengan mengatasnamakan KPK ini untuk segera menghentikan aksinya dan menghapus unggahannya pada media sosial," imbau Ali.

Dalam kesempatan itu, Ali juga berpesan agar masyarakat selalu waspada dan teliti dalam mengolah informasi yang beredar. Dia juga mengimbau untuk tidak terprovokasi oleh pemberitaan bohong tersebut.

"KPK mengajak masyarakat selalu waspada dan jeli dalam memilah setiap informasi agar tidak terprovokasi oleh informasi hoaks yang mempunyai tujuan-tujuan kontraproduktif tersebut," tuturnya.

Lihat juga video 'Tanggapan PDIP Soal Hubungan Megawati-SBY Disebut Pahit':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT