Rasamala Aritonang Dulu Tolak Jadi ASN Polri, Kini Pengacara Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Rasamala Aritonang Dulu Tolak Jadi ASN Polri, Kini Pengacara Ferdy Sambo

Indra Komara - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 15:16 WIB
Rasamala Aritonang
Foto: Rasamala Aritonang (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Rasamala Aritonang menjadi pengacara Ferdy Sambo di kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Rasamala Aritonang adalah eks pegawai KPK yang menolak jadi ASN Polri. Begini jejak Rasamala.

Rasamala Aritonang Gagal TWK KPK

Siapa Rasamala Aritonang? Rasamala Aritonang adalah salah satu pegawai KPK yang dipecat buntut tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK. Posisi Rasamala di KPK sebelumnya yaitu Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum KPK.

Rasamala dipecat pada September 2021. Dia langsung pulang kampung usai tak lagi menjadi pejabat di KPK. Dia bertani dan beternak.

Di sela-sela kegiatannya, Rasamala mengisi webinar antikorupsi dan mengajar di Universitas Parahyangan dengan mata kuliah antikorupsi.

Rasamala juga gemar menulis artikel antikorupsi. Di kampungnya, dia menyempatkan berbagi cerita dengan masyarakat.

Rasamala Aritonang Tolak Jadi ASN Polri

Kala itu Polri siap menampung eks pegawai KPK yang tak lolos TWK. Rasamala menjadi salah satu eks pegawai KPK yang menolak tawaran jadi ASN Polri.

Mengapa Rasamala Aritonang menolak jadi ASN Polri?

"Ada tanggung jawab di situ yang tidak begitu saja ditinggalkan, itu sih lebih ke sana," kata Rasamala di Gedung TNCC Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021).

Rasamala mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah mengajak bergabung di kepolisian. Namun dia bersedia kapan pun diperlukan jika membutuhkan.

"Saya sampaikan bahwa saya sangat menghormati sangat menghargai, tetapi memang sudah ada komitmen yang dibuat sebelum proses ini dan itu bagian dari tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan," kata Rasamala.

Rasamala memilih bergabung dengan Visi Law Office yang dibentuk Febri Diansyah, eks jubir KPK. Alasannya yakni agar memperkuat value kantor hukum tersebut.

Rasamala menempuh pendidikan Doktoral Ilmu Hukum. Rasamala bersama timnya menyusun Buku Tata Cara Penanganan Perkara Pidana Korporasi. Buku itu diterbitkan Mahkamah Agung RI dan KPK tahun 2017 lalu.

Rasamala Aritonang Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo

Kini Rasamala menjadi tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Rasamala secara khusus menjadi pengacara Ferdy Sambo yang merupakan tersangka dugaan pembunuhan Brigadir Yosua.

"Terlepas dari apa yang disangkakan terhadapnya maka ia juga berhak diperiksa dalam persidangan yang objektif, fair dan imparsial, termasuk mendapatkan pembelaan yang proporsional dari penasihat hukum yang ia pilih," katanya.

Mabes Polri telah selesai merekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J. Rekonstruksi 78 adegan selesai dalam 7,5 jam.Ferdy Sambo Foto: Rifkianto Nugroho

Kenapa Rasamala Aritonang menjadi pengacara Ferdy Sambo? Rasamala mengutarakan alasannya mau bergabung dalam tim kuasa hukum Sambo. Dia menilai Ferdy Sambo bersedia mengungkap fakta kasus pembunuhan Brigadir Yosua di pengadilan.

"Setelah mempertimbangkan berbagai aspek dalam perkara ini saya menyetujui permintaan menjadi Penasihat Hukum, pertimbangannya terutama karena Pak Ferdy telah bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya yang ia ketahui terkait kasus ini di persidangan nanti," kata Rasamala saat dimintai konfirmasi terpisah.

Daftar Pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Rasamala Aritonang adalah salah satu dari empat pengacara Ferdy Sambo dan sang istri, Putri Candrawathi. Berikut daftar pengacara keduanya:

  • Arman Hanis
  • Sarmauli Simangunsong
  • Febri Diansyah
  • Rasamala Aritonang

Simak juga video 'Kombes Murbani Jalani Sidang Etik Terkait Sambo Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT