Sempat Rawat Inap, Peserta JKN Akui Dapat Layanan Kesehatan Gratis

ADVERTISEMENT

Sempat Rawat Inap, Peserta JKN Akui Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 11:30 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Yuli Astuti (50) merasakan manfaat dari program tersebut. Program tersebut memberikan kemudahan bagi dirinya dan keluarga untuk mengakses layanan kesehatan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

"Tidak khawatir lagi saat harus membutuhkan layanan kesehatan. Sejak menjadi peserta JKN, kami sangat terbantu sekali, terutama saat tiba-tiba sakit dan harus membutuhkan layanan kesehatan," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022)

Ia menuturkan program tersebut membantu dirinya dalam mendapatkan akses layanan kesehatan. Sebab Yuli tidak sama sekali dikenakan biaya rumah sakit dan obat. Ia hanya fokus untuk memulihkan kesehatannya.

"Dan juga dengan menjadi peserta JKN, kami tidak lagi memikirkan biaya pengobatan, karena semua telah ditanggung BPJS Kesehatan serta yang terpenting bisa segera pulih dan sehat kembali," jelasnya.

Dari segi pelayanan pun, ia menambahkan tidak ada pembeda antara peserta JKN dengan pasien umum semua dilayani sama.

"Selama menjalani rawat inap, pelayanan yang diberikan juga sangat baik, dan tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Keluarga kami yang menjalani perawatan bisa berangsur pulih dan kami berharap bisa segera sehat kembali," jelasnya.

Yuli menjelaskan manfaat lain dari program tersebut yakni bisa mendapatkan akses layanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pelayanan yang diberikan baik itu FKTP maupun di rumah sakit tidak ada perbedaan dan diskriminasi layanan, semua peserta JKN dilayani dengan sangat baik.

"Pelayanan di Puskesmas juga sangat baik, dan tidak dibedakan dengan pasien lainnya. Saat itu, saya dampingi keluarga untuk periksa di klinik, ternyata pelayanannya juga sangat bagus dan tidak ada biaya tambahan yang dibayarkan, peserta JKN sangat terbantu akan hal ini," tutupnya.

Simak juga 'Tingkatkan Fasilitas, Dirut BPJS Kesehatan Targetkan Tak Punya Utang ke RS':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT