Perempuan di Kendari Nyaris Idap Kanker Payudara, Berobat Terbantu JKN

ADVERTISEMENT

Perempuan di Kendari Nyaris Idap Kanker Payudara, Berobat Terbantu JKN

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 10:35 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kini dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat salah satunya Putrice (31) di Kendari. Peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini mengaku tidak lagi khawatir terkait biaya pelayanan kesehatan untuk dirinya.

Putrice yang bekerja sebagai karyawan di salah satu Bank Daerah di Kota Kendari ini mengatakan dirinya merasakan manfaat langsung dari program JKN saat ia menggunakan layanan program JKN untuk berobat rawat jalan karena penyakit mammae accessories yang dideritanya.

Ia bercerita penyakit yang dideritanya itu berawal ketika dirinya merasakan terdapat benjolan di bawah ketiak yang dirasa semakin membesar. Karena itu, ia segera memeriksa dan berobat jalan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang kemudian membuatnya dirujuk ke rumah sakit.

"Dari hasil pemeriksaan dokter ahli saya ternyata mengidap penyakit mammae accessories atau accessories breast yang jika dibiarkan bisa menjadi kanker payudara," tutur Putrice dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

Setelah pemeriksaan tersebut, dokter menyarankan untuk melakukan pengangkatan dengan cara operasi. Awalnya Putrice merasa cemas dan takut, tapi dokter meyakinkan dirinya sehingga ia mau untuk melakukan pengangkatan operasi.

"Akhirnya saya telah menjalani proses operasi dan semua berjalan lancar sampai keluar dari rumah sakit. Kini rasanya jauh lebih sehat, tidak dibayang-bayangi lagi dengan ketakutan penyakit yang berbahaya. Saya semakin yakin dengan program JKN," ungkapnya

Sejak pemeriksaan dan melakukan operasi dengan penjaminan penuh oleh program JKN, Putrice merasa jika kartu JKN miliknya benar-benar bermanfaat untuk menjadi biaya pelayanan kesehatan.

Ia mengaku pelayanan yang didapatkan dari pihak rumah sakit, terutama tim medis seperti dokter dan perawat sangat baik. Ia merasa tidak ada perlakuan pelayanan yang berbeda antara pasien JKN dan pasien umum.

Putrice juga bercerita dirinya cukup menunjukkan KTP maka dirinya langsung dilayani tanpa perlu menunggu lama untuk mendapatkan kamar rawat inap. Ia pun sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.

"Untunglah ada kartu JKN, biaya berobat saya ditanggung tanpa dikenakan biaya tambahan, pelayanannya pun cepat. Paramedis sangat cepat tanggap, saya langsung ditangani oleh dokter dan perawat," pungkasnya.

Kini Putrice tak akan segan untuk menceritakan tentang manfaat Program JKN ke rekan kerja dan keluarganya. Putrice juga mengatakan jika ada indikasi medis maka dengan program JKN, mau berobat kapanpun pasti akan dijamin tanpa takut adanya biaya tambahan.

Simak juga 'Menkes Budi: Deteksi Dini Penyakit Kronis Akan Ditanggung JKN':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT