Massa Buruh Peringati Hari Tani Nasional di Patung Kuda, Bawa 14 Tuntutan

ADVERTISEMENT

Massa Buruh Peringati Hari Tani Nasional di Patung Kuda, Bawa 14 Tuntutan

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 14:26 WIB
Massa dari berbagai aliansi buruh demo di kawasan Patung Kuda, Jakpus untuk memperingati Hari Tani Nasional. Massa membawa 14 tuntutan. (Wildan Noviansah/detikcom)
Massa dari berbagai aliansi buruh berdemo di kawasan Patung Kuda, Jakpus untuk memperingati Hari Tani Nasional. Massa membawa 14 tuntutan. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung dari berbagai aliansi buruh melakukan unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), siang ini. Massa berunjuk rasa untuk memperingati Hari Tani Nasional.

Pantauan detikcom di lokasi Selasa (27/9/2022), massa tiba pada pukul 13.35 WIB. Terlihat satu mobil komando memimpin kedatangan massa aksi.

Beberapa di antara massa tampak membawa beberapa atribut pelengkap aksi. Salah satunya spanduk yang dibentangkan bertulisan 'Perkuat Persatuan Rakyat, Berjuang Bersama, Lawan Monopoli dan Perampasan Tanah serta Segala Kebijakan Anti Rakyat dan Anti Demokrasi Rezim Jokowi'.

"Tanah untuk rakyat," teriak salah satu orator di atas mobil komando.

Di lokasi demo, terlihat juga beberapa kendaraan taktis (rantis) polisi disiagakan untuk menjaga jalannya unjuk rasa. Beberapa personel kepolisian pun tampak sudah berjaga di perempatan Harmoni.

Massa dari berbagai aliansi buruh demo di kawasan Patung Kuda, Jakpus untuk memperingati Hari Tani Nasional. Massa membawa 14 tuntutan. (Wildan Noviansah/detikcom)Imbas demo, Jalan Medan Merdeka Barat ditutup. Arus lalu lintas dialihkan sementara menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan (Wildan Noviansah/detikcom)

Sementara itu, pengamanan berlapis mulai kawat berduri hingga water barrier raksasa sudah didirikan di Jalan Medan Merdeka Barat. Akibatnya, arus lalu lintas dialihkan sementara menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan.

Berikut 14 tuntutan yang diajukan massa aksi:

1. Hentikan RA-PS Palsu Presiden Jokowi
2. Batalkan Kenaikan Harga BBM
3. Cabut UU Cipta Kerja No 11 Tahun 2020 dan seluruh produk hukum turunannya
4. Hentikan Pembahasan RKUHP
5. Hentikan Monopoli dan Perampasan Tanah untuk negara maupun swasta, dan kawasan hutan negara, hentikan perampasan tanah kaum tani dan masyarakat adat, dan berikan perlindungan dan pengakuan atas tanah-tanah yang telah digarap kaum tani dan wilayah adat milik masyarakat adat.
6. Bebaskan tanpa syarat kaum tani dan pejuang keadilan agraria yang ditangkap dan dipenjarakan, dan segera hentikan teror dan intimidasi dalam bentuk apapun
7. Naikkan harga-harga hasil pertanian perseorangan skala kecil


8. Turunkan bunga pinjaman yang mencekik kaum tani dan ekonomi rakyat
9. Turunkan harga-harga kebutuhan pokok rakyat dan biaya produksi pertanian serta nelayan miskin
10. Jamin dan lindungi kepastian kerja bagi kelas buruh dan hentikan buruh tani
11. Naikkan upah buruh dan buruh tani
12. Berikan perlindungan sejati bagi buruh migran dan keluarganya
13. Wujudkan pendidikan gratis, ilmiah, demokratik dan mengabdi kepada rakyat
14. Kurangi tunjangan pejabat menjadi subsidi rakyat

Lihat juga video 'Perwakilan Demo Temui Kasetpres, Ini Tuntutan yang Disampaikan':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT