Mengungkap Rahasia Umur Panjang Warga Kampung Adat Miduana Cianjur

ADVERTISEMENT

Mengungkap Rahasia Umur Panjang Warga Kampung Adat Miduana Cianjur

Ikbal Selamet - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 13:05 WIB
Potret Kampung Adat Miduana yang masih terjaga tradisi dan kebudayaannya
Foto: Potret Kampung Adat Miduana, Cianjur, Jawa Barat, yang masih terjaga tradisi dan kebudayaannya. (Ikbal Selamet/detikJabar)
Bandung -

Masyarakat Kampung Adat Miduana, wilayah di pelosok Cianjur, Jawa Barat, rata-rata berusia di atas 90 tahun. Rahasia umur panjang warga itu diteliti tim riset dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Bagaimana hasilnya?

Kampung Adat Miduana, terletak di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. Rata-rata warga di kampung dengan jumlah penduduk sebanyak 363 jiwa itu dianugerahi usia yang panjang. Bahkan 14 diantaranya berusia di atas 90 tahun.

"Warga di Kampung Adat Miduana rata-rata panjang usia. Dari 14 orang itu, empat di antaranya berusia di atas 100 tahun. Yang paling tua dan masih hidup yaitu Nenek Sahria, usianya sekarang 103 tahun," ujar Dewan Adat Kampung Miduana, Rustiman.

Riset Unpad

Ketua Tim Riset Unpad Susi P mengatakan jika penelitian di Kampung Adat Miduana bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi kesehatan mempengaruhi pola dan gaya hidup masyarakat yang ada di kampung adat di Kecamatan Naringgul tersebut.

Menurut dia, kearifan lokal dengan adat istiadat yang dipegang teguh oleh masyarakat Kampung Adat Miduana membentuk komunikasi kesehatan yang baik. Mulai dari pola makan, pola pikir, pola hidup, dan lainnya.

"Jadi kearifan lokal di sana membentuk suatu pola hidup yang sehat, dengan diwariskan secara turun-temurun dari leluhur hingga generasi saat ini dengan berbagai pola komunikasi," kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, seperti dilansir detikJabar, Selasa (27/9/2022).

Susi menjelaskan jika ada dua metode komunikasi yang membuat pola hidup sehat, yakni secara interpersonal antara orang tua dengan anak dan sosial atau kelompok melalui dewan adat saat kegiatan ritual tertentu.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Pemandangan Miris Warga Cianjur Tantang Maut Lewat Jembatan Kawat':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT