Filosofi Gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Nusantara

ADVERTISEMENT

Filosofi Gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Nusantara

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:18 WIB
Jokowi Dapat Gelar La Ode Muhammad
Foto: Presiden Jokowi mendapat gelar kehormatan adat Kesultanan Buton. (Biro Pers Setpres)
Makassar -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Nusantara dari Kesultanan Buton. Gelar adat tersebut terdiri atas 5 kata yang memiliki arti dan makna mendalam.

Dewan Pakar Kerukunan Keluarga Indonesia Buton Dr Tasrifin Tahara menjelaskan makna secara keseluruhan dari gelar yang diberikan kepada presiden Jokowi adalah pemimpin laki-laki yang mampu menyatukan nusantara. Sebagai pemimpin dari Indonesia, Jokowi dinilai mampu mengapresiasi seluruh suku-suku yang ada di Nusantara.

"Jadi Maknanya adalah seorang laki-laki pemimpin di seluruh wilayah nusantara, itu diberikan kepada gelaran adat kepada Jokowi atas posisi nya sebagai pemimpin nusantara yang bisa menyatukan, bisa mengapresiasi seluruh suku-suku yang ada di nusantara, termasuk mengapresiasi kebudayaan," jelas Tasrifin, seperti dilansir detikSulsel, Selasa (27/9/2022).

Gelar ini dikatakan Tasrifin juga mengandung harapan yang besar dari masyarakat Buton terhadap Jokowi. Karena masyarakat Buton merasa menjadi bagian terpenting dari NKRI.

"Harapannya sebenarnya pembentukan provinsi kepulauan Buton itu sebagai harapan terbesar yang sudah puluhan tahun digaungkan. Karena entitas itu yang bisa menyatukan kami secara kultural. Itu harapan paling penting, karena simbolisasi gelar adat tertinggi yang diberikan kepada Jokowi itu adalah bagian dari pengharapan masyarakat Buton atas terbentuknya Provinsi Kepulauan Buton," ujarnya.

Secara per kata, terdapat lima kata dalam gelar yang diberikan Kesultanan Buton kepada Jokowi. Lima kata itu adalah La, Ode, Lakina, Bhawangi, dan Nusantara.

Masing-masing kata ini memiliki arti yang mendalam. Uraian penjelasan makna gelar adat yang dibacakan saat prosesi di Kesultanan Buto bisa dibaca selengkapnya di sini.

Simak juga 'Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton untuk HUT ke-77 RI':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT