KSAL Lantik Laksamana Muda Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI

ADVERTISEMENT

KSAL Lantik Laksamana Muda Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 09:24 WIB
KSAL Lantik Laksamana Muda Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI (Wildan/detikcom)
Foto: KSAL Lantik Laksamana Muda Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melantik Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto sebagai Panglima Komando Armada (pangkoarmada) RI. Heru menggantikan Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid.

Pantauan detikcom di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9/2022), acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan Panglima Koarmada RI dan sumpah jabatan yang dipimpin oleh KSAL.

Yudo mengatakan, Heru yang sebelumnya menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum (Asrenum) Panglima TNI bisa mengemban amanah baru sebagai Pangkoarmada RI.

"Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi, kerja keras dan kemampuan yang dimiliki dengan harapan akan menjadi menjadi kontribusi lebih besar kepada organisasi. Sehingga kepercayaan tersebut harus dijawab dengan prestasi dan kinerja yang lebih baik. Saya yakin dengan kapasitas yang dimiliki Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto bisa mengemban amanah ini dengan baik," kata Yudo dalam sambutannya, Selasa (27/9/2022).

Selain itu, Yudo juga mengucapkan terimakasih kepada Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid atas dedikasi sebagai Pangkoarmada sebelumnya.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksma TNI Abdul Rasyid atas dedikasi dan pengabdian luar biasa selama menjabat Panglima Koarmada RI," jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Yudo berpesan kepada seluruh jajaran untuk senantiasa mengamankan perairan Indonesia. Yudo menegaskan siap menindak negara lain yang memaksa masuk ke wilayah Indonesia.

"Saya menegaskan tekad kita bersama bahwa Armada Republik Indonesia selalu siap mengamankan kepentingan bangsa dan negara di dan atau lewat laut," kata Yudo.

"Tidak boleh ada satupun negara di dunia ini yang memaksakan kehendaknya dan mengganggu kepentingan kita. Armada RI senantiasa siap menjamin kebebasan kita untuk berkehendak sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat," tutupnya.

Simak juga 'Momen KSAD Dudung Beri Hormat dan Salaman dengan Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT