Arrmanatha Nasir Cerita Pidato hingga Outfit Menlu Retno Dipuji di PBB

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Arrmanatha Nasir Cerita Pidato hingga Outfit Menlu Retno Dipuji di PBB

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 08:03 WIB
Wakil Tetap untuk PBB Armanatha Nasir (Gibran Maulana/detikcom)
Foto: Wakil Tetap untuk PBB Arrmanatha Nasir (Gibran Maulana/detikcom)
New York -

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi selesai menyampaikan pidato mewakili pemerintah di Sidang Majelis Umum PBB. Wakil Tetap atau Watap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir atau Tata menceritakan momen Menlu Retno mendapat pujian dari petinggi negara lain usai menyampaikan pidato.

Menlu Retno menyampaikan pidato di Sesi Debat Umum di Markas PBB, Kota New York, Amerika Serikat (AS), Senin (26/9/2022) pukul 10.22 pagi waktu AS. Pidato Retno yang intinya menawarkan paradigma baru untuk mencegah krisis dunia makin parah.

Selesai pidato tersebut, Tata menyebut dirinya banyak dihubungi wakil tetap maupun dubes negara lain soal pidato Retno. Pidato Menlu dinilai tepat sasaran dan lugas.

"Jadi temen-temen, tanggapan daripada dubes, watap di sini sangat positifnya terhadap statement Ibu Menlu banyak sekali menyampaikan kepada saya ucapan bahwa statementnya Ibu sangat tepat to the point, very correct," ujar Tata dalam wawancara di Kantor PTRI New York, AS, sore waktu setempat.

"Mereka melihat bahwa kita berani mengatakan like it is dan kita juga memberikan solusi," katanya.

Selain isi pidato, Menlu juga disebut Tata dipuji dari segi outfit atau pakaian yang dikenakan saat maju ke mimbar. Tata kaget atas pujian itu.

"Dan juga selain itu, banyak juga yang menyampaikan bahwa dari segi outfit pun dikomentar, ada beberapa yang mengatakan bahwa 'I love your minister's outfit'. Itu saya juga kaget denger komentarnya itu," ujar Tata tersenyum menceritakan momen itu.

Cara Menlu menyampaikan pidato juga, kata Tata, turut diapresiasi negara lain. "Ada juga yang menyampaikan bahwa 'The way she said the statement, she presented the stament, was very good'. Tone nya sangat sangat bagus. itu yang kita dapat dari banyak watap dan dubes-dubes di sini," kata dia.

Selaras Sekjen PBB

Tata mengatakan pidato Menlu Retno selaras pernyataan Sekjen PBB Antonio Guterres di hari pertama Sesi Debat Umum PBB. Dia mengungkapkan sempat dihubungi Kepala Staf Sekjen PBB usai Antonio menyampaikan pidato.

"Saya juga sempat, karena waktu hari Senin hari pertama, setelah Sekjen (PBB) menyampaikan pidato saya kan ditelepon CdC (Chef de Cabinet) meminta tanggapan kita mengenai statementnya CdC. Terus tadi, pas setelah Ibu Menlu menyampaikan statement, saya kirim statementnya Ibu. Cdc itu Chef de Cabinet. Dan beliau adalah yang sebenernya the last person yang melihat statement Sekjen PBB. Jadi dia yang meng-oke-kan," katanya.

Tata mengatakan pidato Sekjen PBB bagus. Pidato Menlu Retno, kata Tata, memberikan solusi.

"Kalau temen-temen ingat kan Sekjen PBB itu kan menggambarkan keadaan global seperti apa. Sedangkan Ibu Menlu tidak mendetail tapi menyampaikan solusi, menyampaikan 3 paradigma baru, paradigma win-win, paradigma kolaborasi, paradigma engagement dan juga di situ," kata dia.

Tata mengungkit lagi sorotan Sekjen PBB terhadap kelompok kerja sama di luar multilateral yang menggerus sistem. Sorotan itu, ujarnya, juga dijawab Menlu dengan solusi.

Sedangkan di statementnya Bu Menlu, Bu Menlu menjawab bagaimana komitmen seorang Presiden G20 yang kita komit harus mencapai solusi. Dan kelihatan bahwa kita menjawab concern dari Sekjen PBB," kata Tata.

Simak juga 'Teriakan Anti Perang saat Menlu Retno Jabat Tangan Menlu Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT