Lukas Enembe Ajak Lihat Tambang Emas, Begini Kata KPK

ADVERTISEMENT

Lukas Enembe Ajak Lihat Tambang Emas, Begini Kata KPK

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 18:34 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Hanafi-detikcom)
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK merespons pernyataan salah satu kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe soal ajakan ke Papua untuk membuktikan kepemilikan tambang emas milik Lukas. KPK meminta hal tersebut disampaikan langsung ke penyidik KPK saat pemeriksaan.

"Saya ingin sampaikan kepada saudara penasehat hukum, ini yang kami sayangkan, kenapa? Seharusnya sampaikan lah langsung di hadapan tim penyidik KPK," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022).

Ali mengungkapkan, sejatinya proses pembuktian terbalik yang disinggung oleh pihak Lukas Enembe itu hanya bisa disampaikan kepada penegak hukum. Dia menyayangkan pihak Lukas menyampaikan hal itu di ruang publik.

"Kalau memang ingin sebagai pembuktian terbalik, itu sampaikan kepada penegak hukum, jadi bukan di ruang-ruang publik," ucap Ali.

"Dan justru kemudian kan, kami sayangkan tidak hadir tersangka atau pun penasehat hukumnya untuk mendampinginya, tetapi kemudian membangun narasi dan opini di luar," tambahnya.

Ali menegaskan bahwa pembangunan narasi di publik itu bukanlah sebuah pembuktian perkara hukum. Menurutnya, pembuktian itu harus disampaikan di tempat dan waktu yang sesuai dengan koridor hukum.

"Bagi kami itu bukan sebuah pembuktian, karena pembuktian perkara itu harus disampaikan pada tempat dan waktu yang tepat," ujarnya.

Terakhir, Ali juga menegaskan bahwa KPK tidak akan ke Papua untuk melakukan pemeriksaan Lukas Enembe.

"Ya ini kan kami memanggil tersangka, bukan kami yang disuruh ke sana," imbuhnya.

Simak Video: Respons Pihak Lukas Enembe Usai Diwanti-wanti Jokowi

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT