Anies soal Nyapres: Saya Tuntaskan Dulu di DKI, Sambil Partai Berproses

ADVERTISEMENT

Anies soal Nyapres: Saya Tuntaskan Dulu di DKI, Sambil Partai Berproses

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 09:50 WIB
Anies Baswedan di Monas (Anggi-detikcom)
Anies Baswedan (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberi sinyal ingin maju sebagai calon presiden pada 2024. Kali ini, Anies menyebut komunikasinya dengan partai politik sedang berlangsung.

"Jadi saya pun melihat partai sedang berproses, kemudian percakapan dengan partai sedang terjadi. Jadi kita hormati proses itu," kata Anies Baswedan setelah mengunjungi proyek saringan sampah Kali Ciliwung di TB Simatupang, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Anies mengatakan saat ini partai-partai sedang berproses. Karena itu, dia pun memilih berfokus menuntaskan masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 16 Oktober mendatang sembari membiarkan partai-partai berproses.

"Jadi lebih baik saya tuntaskan dulu di sini, sambil partai juga sedang berproses," jelasnya.

Lebih lanjut, menurutnya, saat ini partai politik tengah memikirkan dengan serius sosok calon presiden yang akan mereka usung. Sebab, lanjutnya, menentukan sosok capres tidak bisa sekadar merujuk pada hasil survei elektabilitas semata.

"Di partai, saya lihat juga semua sedang serius memikirkan soal ini. Mereka tidak ada istilah soal genit, nggak ada itu. Mereka memikirkan itu semua dengan keseriusan gitu. Dan saya tahu karena saya komunikasi dengan teman-teman banyak di partai," sambung Anies.

Anies sebelumnya menekankan dirinya ingin menuntaskan kewajibannya sebagai gubernur hingga 16 Oktober mendatang. Namun dia mengaku siap apabila menerima panggilan tugas baru.

"Jadi gini saja, saya tuntaskan pekerjaan di Jakarta sampai 16 Oktober. Dan prinsip saya selama ini sama. Ketika ada panggilan tugas, RT saja manggil saya untuk tugas di kampung, saya jadi pembina untuk Karang Taruna, saya terima tugas itu," kata Anies Baswedan setelah meresmikan Revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2022).

Anies memandang 'panggilan tugas' itu merupakan hal yang normal terjadi. Kendati begitu, kata dia, panggilan tugas itu di luar kendalinya sebagai seorang yang tidak berafiliasi dengan parpol mana pun.

"Jadi saya tuntaskan dulu sampai selesai, setelah itu selesai, jangan dibalik, seakan-akan saya adalah orang yang menjalankan tugas, kemarin saya ditugaskan di Jakarta, saya tugaskan dengan baik. Alhamdulillah sudah 4 tahun 11 bulan, tinggal satu bulan lagi persis nih, pada tanggal ini, bulan ini. Setelah itu selesai, baru kita siapkan berikut," tambahnya.

Simak video 'Teriakan 'Presiden' dan Rekomendasi Capres DPC PPP DKI untuk Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT