PKB Sebut Rumah DP Rp 0 Gagal, PAN Nilai Program Terobosan

ADVERTISEMENT

PKB Sebut Rumah DP Rp 0 Gagal, PAN Nilai Program Terobosan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 08:24 WIB
Program rumah DP Rp 0 di Cilangkap diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Seperti apa suasana dalam rumah tersebut? Yuk kita lihat.
Rumah DP Rp 0 Jakarta (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Ketua Fraksi PKB/PPP DPRD DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan rumah DP Rp 0 program yang gagal. Menanggapi hal itu, Fraksi PAN menilai rumah DP Rp 0 adalah sebuah terobosan agar warga bisa memiliki hunian.

"Ini kan RPJMD, itu seharusnya itu sesuai target janji kampanye beliaulah. Kalau turunnya 232 ribu, turunnya ke 150 ribu, ya nggak ada masalah. Kalau ini turunnya jauh, 9.000, berapa persennya aja, nggak berhasil, proyek gagal ini," kata Hasbiallah kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

"Jauh benar, itu bukan turun, tapi gagal namanya," imbuhnya.

Hasbiallah menilai penurunan target rumah DP Rp 0 itu hanya salah satu dari janji kampanye Anies yang belum tercapai. Dia meminta Anies Baswedan mengakui bahwa program rumah DP Rp 0 itu tidak tercapai.

"Itu baru satu sisi, belum (program) yang lainnya. Ginilah, akui saja program Gubernur itu tidak berhasil, selesai kan. Harus gentle dong, bahwa ini tidak berhasil, tidak tercapai. Wong survei masyarakat kinerja 52 persen kok yang tidak puas. Kalau di survei kan gitu," jelasnya.

Pembangunan rumah DP Rp 0 semula ditargetkan 232.214 unit. Hasbiallah menilai target itu masih tetap tidak tercapai jika digabung dengan seluruh program penyediaan hunian di DKI Jakarta lainnya.

"Itu kan janji kampanye Gubernur 232 ribu, tercapai nggak? Andaikata dihitung rusunawa walaupun itu hakikatnya bukan DP 0 persen, hitung semuanya juga pun tidak akan tercapai 232 ribu," jelasnya.

Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PKB-PPP Hasbiallah IlyasAnggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PKB-PPP Hasbiallah Ilyas (Foto: dok. DPRD DKI)

Lebih lanjut Hasbiallah juga memberikan penilaian terhadap kinerja Anies selama 5 tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta. Dia menilai janji kampanye yang tercapai tak lebih dari 30 persen.

"Coba dipresentasikan dari janji Gubernur itu tidak lebih dari 30 persen yang berhasil dari janji kampanye," kata dia.

PAN Nilai Program Terobosan

Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda tidak sependapat dengan Hasbiallah. Dia menilai rumah DP Rp 0 memang program yang berat.

"Ini program yang memang berat DP 0 persen itu, karena sebelum unit dibangun itu harus pengadaan tanah dan sebagainya. Kemarin kita dengar dia banyak kendala dalam pengadaan tanah itu," kata Oman saat dihubungi terpisah.

Menurut Oman, program rumah DP Rp 0 ini juga terkendala oleh pandemi COVID-19. Dia menilai turunnya target rumah DP 0 bisa dimaklumi.

"Kemudian ada kendala nggak ada uang karena COVID dan sebagainya, ya memang ini. Kalau Bang Hasbi bilangnya gagal, kalau saya memaklumi jauhnya capaian dari target yang ditetapkan oleh Gubernur sendiri sebesar 200 ribu sekian itu. Saya memahami banyak kendala di lapangan," jelasnya.

"Tapi ini merupakan terobosan tersendiri dalam program pengadaan rumah untuk masyarakat. Karena dari pemerintah pusat pun, perumnas pun, apalagi swasta, belum ada kan yang nol persen, sebelumnya," sebut dia.

Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman RikandaSekretaris Fraksi PAN DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda (Foto: dok. Pribadi)

Lihat juga video 'Tuntutan untuk Para Terdakwa Pusaran Kasus Rumah DP 0 %':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT