Waket MPR Ajak Warga Maknai Golok Day untuk Usir Kemiskinan-Kebodohan

ADVERTISEMENT

Waket MPR Ajak Warga Maknai Golok Day untuk Usir Kemiskinan-Kebodohan

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 22:05 WIB
Golok Day Reborn 2022 merupakan event dalam rangkaian peringatan HUT Ke 22 Provinsi Banten.
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menghadiri Festival Pencak Silat dan Golok Day Reborn 2022 di Stadion Krakatau, Cilegon, Banten hari ini. Dihadiri ribuan peserta, festival ini merupakan acara yang digelar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Himpunan Peguron Persilatan Banten (HPPB).

Dalam kesempatan tersebut, Yandri menyebutkan masyarakat Banten harus memaknai Festival Pencak Silat dan Golok Day Reborn 2022 sebagai semangat untuk mengatasi dan memerangi kemiskinan, kebodohan, perpecahan, dan adu domba di masyarakat. Ia juga menilai Golok Day Reborn 2022 menjadi momen bersejarah bagi Cilegon, Banten, dan Indonesia.

"Kalau dulu masyarakat Banten menggunakan golok untuk mengusir penjajah, tapi sekarang harus dimaknai untuk mengusir dan memerangi kemiskinan, kebodohan, perpecahan, dan saling adu domba di masyarakat," kata Yandri dalam keterangannya, Sabtu (24/9/2022).

"Karena kita memelihara semangat Kiai Wasyid, pejuang yang memimpin perang Cilegon pada 1888. Semangat ini tetap dipelihara dengan penyelenggaraan Golok Day Reborn 2022 ini," lanjutnya.

Lebih lanjut, Yandri mengatakan Golok Day Reborn merupakan warisan budaya leluhur dengan menjaga semangat Kiai Wasyid dalam peristiwa Geger Cilegon. Meski demikian, kata Yandri, makna Golok Day Reborn 2022 saat ini bukan lagi mengusir orang, penjajah pada masa lalu, dengan golok atau pertumpahan darah.

Untuk itu, Yandri mengimbau agar masyarakat menjaga warisan ini agar tak diklaim negara lain, mengingat golok adalah senjata khas Indonesia. Yandri berharap semangat Golok Day Reborn dapat membuat Indonesia terbebas dari kebodohan, kemiskinan dan perpecahan.

"Bagian yang lancip dari golok Cilegon adalah untuk pertahanan diri. Artinya, semangat Golok Day ini adalah kita mengusir atau memerangi kebodohan, kemiskinan, perpecahan, dan saling adu domba di masyarakat. Itu yang kita usir. Itu menjadi pekerjaan rumah kita semua," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Golok Day Reborn 2022 merupakan event dalam rangkaian peringatan HUT Ke 22 Provinsi Banten. Sekitar 1.500 peserta mengenakan pakaian pendekar silat dan kaos Golok Day Reborn 2022 dengan membawa serta aksesoris golok beraneka jenis.

Mengusung tema 'Dari Cilegon Untuk Dunia', Golok Day Reborn 2022 diisi dengan kirab 100 kendaraan kendang Pencak Silat dari Pintu Tol Cilegon Timur sampai Stadion Krakatau, Gembrung Bersama, atraksi dan pagelaran seni bela diri pencak silat, atraksi debus kolosal dari 16 perguruan silat, juga pelantikan dan pengukuhan IPSI Cilegon.

Festival Golok Day sudah dimulai sejak tahun 2015, secara rutin dilaksanakan pada setiap tahun. Festival ini terakhir kali dilaksanakan pada 2019, sebelum akhirnya terhenti selama dua tahun pada 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Hadir dalam Golok Day Reborn 2022 antara lain, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Al Hamidi, Ketua IPSI Provinsi Banten H. Ajat Sudrajat, Walikota Serang (Ketua Bandrong Banten) H. Sjafrudin, Walikota Cilegon H. Helidy Agustian, Abah Jamhari Sakti, Ketua IPSI Cilegon H. Muharman Koto, Kapolres, Dandim, Danlanal, Ketua Panitia Rufaji Zahuri, tokoh masyarakat Ketua DPRD Cilegon Isro Mi'raj, serta dimeriahkan artis Opick.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT