Bamsoet: Komunitas Otomotif Miliki Peran Penting Sumber Daya Pembangunan

ADVERTISEMENT

Bamsoet: Komunitas Otomotif Miliki Peran Penting Sumber Daya Pembangunan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 21:44 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menghadiri acara Musyawarah Nasional ke-4 Tahun 2022, sekaligus Pengukuhan Kepengurusan Mercedes Benz W212 Club Indonesia Periode 2022-2024, di Jakarta.

Dalam pengukuhan tersebut, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu berharap Mercedes Benz W212 dapat tumbuh menjadi klub otomotif yang semakin solid, maju, dan berkembang di bawah kepemimpinan Yoga Mahardhika. Sebab menurut Bamsoet, Yoga merupakan orang yang sudah berpengalaman dalam memimpin organisasi dan membangun jaringan.

Sebagai bagian dari Keluarga Besar IMI, Bamsoet menginginkan Mercedes Benz W212 agar terus berkiprah dan berkontribusi dalam upaya mewujudkan visi organisasi IMI. Dalam hal ini, Mercedes Benz W212 diharapkan dapat mempersatukan dan membesarkan seluruh elemen yang terkait dengan otomotif di Indonesia.

"Keberadaan komunitas otomotif sangat memiliki peran penting sebagai sumber daya pembangunan. Sering kita lihat dan saksikan, komunitas otomotif menyelenggarakan kegiatan atau event yang berdampak positif bagi masyarakat. Misalnya penyelenggaraan touring untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah atau penyelenggaraan bakti sosial dan aksi kemanusiaan untuk meringankan beban kehidupan masyarakat. Hal tersebut seringkali saya lihat dari klub otomotif seperti Mercedes Benz W212," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (24/9/2022).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan saat ini sektor otomotif di Indonesia terus mengalami pertumbuhan pesat. Berdasarkan data Korlantas POLRI, hingga Agustus 2022, tercatat jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 149,7 juta unit, sebanyak 23,2 juta di antaranya adalah mobil pribadi.

Bamsoet menilai pertumbuhan kendaraan menurut deret ukur, tidak mungkin dapat diimbangi oleh pertumbuhan fasilitasi sarana jalan yang justru cenderung stagnan.

"Kondisi ini meniscayakan semakin pentingnya kesadaran dan komitmen masyarakat pengguna jalan dalam berkendara. Dalam konteks ini, saya sangat mengapresiasi peran komunitas otomotif seperti Mercedes Benz W212 dalam mengampanyekan tertib berkendara kepada segenap anggotanya," jelasnya.

Ia menambahkan keberadaan klub otomotif perlu didorong oleh motivasi untuk membangun semangat kebersamaan (brotherhood). Menurutnya, semangat ini tercermin pada keanggotaan klub Mercedes Benz W212 yang datang dari beragam latar belakang profesi, dari pengusaha hingga pilot.

"Perbedaan latar belakang keanggotaan dalam wadah komunitas otomotif bukanlah penghambat untuk memajukan organisasi. Tetapi justru memperkuat spirit solidaritas dan soliditas organisasi yang sudah terbiasa hidup dalam kebersamaan di tengah keberagaman," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Ketua Dewan Pembina Mercedes Benz W212 Club Indonesia Nono Soedewo, Presiden Mercedes Benz W212 Club Indonesia I.M. Yoga Mahardhika, dan Sekretaris Jenderal Mercedes Benz W212 Club Indonesia Afiansyah Harahap.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT