Sempat Diterjang Banjir, Pasar Ciawi Bogor Mulai Beroperasi Hari Ini

ADVERTISEMENT

Sempat Diterjang Banjir, Pasar Ciawi Bogor Mulai Beroperasi Hari Ini

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 09:32 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Foto: Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Lebih dari 100 kios dan lapak milik pedagang di basemen Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor, terendam banjir hingga setinggi 1 meter pada Jumat malam kemarin. Kini, banjir di Pasar Ciawi tersebut sudah surut.

"Sekarang sudah (surut), tadi malam pun sudah semata kaki. Kalau pagi ini udah surut. Karena itu kan air hujan sama terlalu deras, terus saluran airnya tersumbat sampah pasar, airnya meluap masuk ke pasar," kata Kapolsek Ciawi, Kompol Agus Hidayat, saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022).

Agus mengatakan, Pasar Ciawi hari ini beroperasi seperti biasa. Meski sebagian pedagang di basemen sebagian ada yang mengenakan sepatu bot.

"Yang bawah tadi pagi tidak banyak aktivitas, tapi kalau yang atas sih masih beroperasi. Tapi mungkin untuk sayur udah ada yang buka sih, karena kan tidak terlalu terendam kayak semalam. Sekarang sudah banyak yang pakai sepatu udah bisa," ujarnya.

Dia memastikan tak ada korban jiwa dalam banjir ini. Namun, hanya terdapat kerugian berupa materil sebab banyak dagangan yang terendam semalam.

"Korban jiwa tidak ada, hanya korban materil barang dagangan terendam," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, lebih dari 100 kios dan lapak milik pedagang di basemen Pasar Ciawi Kabupaten Bogor terendam banjir hingga setinggi 1 meter. Banjir disebabkan saluran air di belakang pasar tersumbat hingga akhirnya meluap dan masuk ke dalam pasar.

"Betul Pasar Ciawi terendam banjir, saat ini sedang proses penyedotan dibantu teman-teman dari damkar. Titik yang terendam di lantai basemen, ketinggian sepinggang orang dewasa," kata Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat, Jumat (22/9).

Agus menjelaskan, titik banjir di Pasar Ciawi berada di lantai basemen. Di lokasi ini, kata Agus, lebih dari seratus kios yang terendam banjir dengan ketinggian hingga sekitar 1 meter.

"Iya kios semua yang di basemen terendam. Jumlah kios dan lapak yang terendam seratusan kios lah ya, pendataan masih dilakukan. Karena di Pasar Ciawi ini kan ada 4 lantai termasuk basemen, seluruhnya ada 400-an kios dan lapak, nah di basemen ini jumlah kios dan lapaknya ada seratusan lah ya," katanya.

"Ketinggian tadi paling dalam itu sampai sepinggang orang dewasa, ada sekitar satu meter lah ya. Tapi situasi sekarang sudah berangsur surut, ketinggian sekitar selutut," tambah Agus saat dihubungi pukul 21.00 WIB.

Simak juga 'Tol BSD Banjir Selutut Orang Dewasa, Mobil Tak Bisa Melintas':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT