ADVERTISEMENT

4 Kondisi Terkini Reklamasi Pulau G yang Anies Jadikan Permukiman

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 08:10 WIB
Kawasan reklamasi Pulau G ditetapkan sebagai zona ambang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Nantinya, Pulau G akan diarahkan menjadi kawasan permukiman.
Kondisi Terkini Pulau G. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan kawasan reklamasi Pulau G sebagai zona ambang yang akan diarahkan menjadi kawasan permukiman. Begini kondisi terkini reklamasi Pulau G.

Reklamasi Pulau masuk dalam zona ambang berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Aturan itu diteken Anies sejak 27 Juni lalu.

Pergub itu menjelaskan zona ambang diterapkan pada kawasan dengan kriteria perluasan daratan, reklamasi, Lahan cadangan, tanah timbul atau area belakang tanggul NCICD yang belum ditentukan pemanfaatan ruangnya dan perluasan daratan atau reklamasi yang sudah memperoleh persetujuan pelaksanaan reklamasi dari menteri urusan pemerintahan di bidang kelautan dan perikanan.

Zona ambang sebagaimana dimaksud meliputi:
a. Kawasan reklamasi Pulau G
b. Kawasan perluasan Ancol
c. Kawasan Rorotan sebagai lahan cadangan
d. Kawasan belakang tanggul pantai.

"Kawasan Reklamasi Pulau G sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a diarahkan untuk kawasan permukiman," demikian isi Pergub yang dilihat, Rabu (21/9/2022).

Kemudian, Pergub itu juga mengatur peruntukan lahan dapat diusulkan oleh pemohon atau pengelola kawasan dengan mengajukan proposal pengembangan yang mempertimbangkan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup serta dinamika pembangunan.

detikcom menginjakkan kaki langsung di reklamasi Pulau G. Seperti apa kondisinya sekarang?

Belum Ada Aktivitas Pembangunan

Belum ada aktivitas pembangunan di reklamasi Pulau G. Belum terlihat juga adanya bahan baku yang digunakan untuk membuat bangunan permanen di sana.

Setibanya di sana sampah non-organik dan rumah tangga berserakan di bibir pantai. Rerumputan nampak berada di sekitar pulau reklamasi tersebut. Ada satu bangunan semi permanen yang berada di Pulau G, yang digunakan penjaga pulau untuk bermukim.

Dari Pulau G, terlihat sejumlah bangunan tinggi berada di seberang pulau. Menurut penuturan nelayan setempat, waktu tempuh dari Pulau G menuju gedung tersebut sekitar 15 menit.

Sampah Berserakan

Sejumlah kapal nelayan hilir mudik di sekitar Pulau G. Ada yang menyandarkan kapalnya di pulau tersebut dengan sejumlah awak kapal berada di dalamnya.

Sampah berserakan sekitar bibir pantai Pulau G. Pulau G bisa dikelilingi dengan berjalan kaki. Aksesnya pun cukup mudah, bisa dilalui dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut).

Jarak dari dermaga menuju Pulau G, menurut nelayan sekitar, sekitar 1 km. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuhnya sekitar 20-30 menit.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT