ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

RI Dorong Isu Palestina hingga Pemberdayaan Perempuan di Forum OKI

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 02:10 WIB
Menlu Retno Marsudi
Foto: Menlu Retno Marsudi di Amerika Serikat (Gibran/detikcom)
Jakarta -

Pertemuan Tahunan Menlu OKI (Organisasi Kerjasama Islam) di New York, Amerika Serikat, diselenggarakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77. Menlu RI Retno LP Marsudi menyampaikan isu Palestina hingga tantangan umat Islam.

Pertemuan ini dipimpin Menlu Pakistan sebagai Ketua para Menlu OKI periode 2022-2023, Kamis (22/9/2022) siang waktu AS. Selain Retno, pertemuan juga dihadiri Sekjen OKI dan Menlu negara-negara anggota OKI seperti Arab Saudi, Palestina, Aljazair, Irak, Senegal, Malaysia, Qatar, Yaman, dan Turki.

"Umat Islam hadapi tidak hanya tantangan ekonomi sebagai akibat dari pandemi, tapi juga dampak konflik di Ukraina," kata Menlu Retno dalam keterangannya.

Menlu Retno menyebut anggota OKI yang terlibat konflik geopolitik akan merugikan kepentingan umat Islam secara keseluruhan. Dia yakin OKI seharusnya menjadi bagian dari penyelesaian tantangan global.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menyampaikan 3 hal penting bagi OKI. Hal pertama yakni semangat perdamaian karena banyak konflik terjadi di dunia Islam yang seringkali merupakan akibat dari persaingan geopolitik. Dia menegaskan OKI perlu memberi perhatian khusus dalam penyelesaian konflik Palestina.

Poin kedua soal percepatan pemulihan di dunia Islam akibat pandemi dengan mengajak menyuarakan keadilan tata ekonomi global. Poin terakhir yakni pentingnya OKI memberdayakan perempuan di dunia Islam.

Menlu menyebut peran besar perempuan dalam sejarah peradaban Islam. Indonesia yakin pemberdayaan perempuan selaras dengan ajaran Islam. Retno juga menegaskan kembali komitmen Indonesia terhadap OKI dan kepentingan umat Islam.

Simak juga 'Bentrokan Pecah di Tepi Barat, Satu Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT