ADVERTISEMENT

Di Amerika, Menlu Retno Tegaskan Indonesia Terus Cari Solusi Isu Rohingya

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 01:56 WIB
Menlu RI Retno LP Marsudi
Menlu RI Retno LP Marsudi (Foto: Menlu Retno/Billy Fannan PTRI)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi menekankan di tengah gejolaknya dunia, harus tetap memberikan perhatian akan krisis Rohingya. Retno menyebut krisis di Myanmar itu harus dicari solusinya.

"Tugas kita bersama adalah untuk memastikan bahwa dunia internasional tetap memberikan perhatian bagi Rohingya," kata Menlu Retno.

Hal itu disampaikan Retno dalam forum membahas krisis Rohingya, High-Level Side Event on 'Rohingya Crisis' di New York, Amerika Serikat, Kamis (22/9/2022). Dalam forum itu Retno menekankan tiga hal utama yang perlu dilakukan masyarakat internasional terkait krisis Myanmar.

Pertama adalah menciptakan situasi yang kondusif bagi kepulangan masyarakat Rohingya. Kedua, memastikan perlindungan keamanan dan keselamatan masyarakat Rohingya di Cox's Bazaar. Ketiga, mendorong perdamaian dan rekonsiliasi nasional di Myanmar.

"ASEAN tentunya dapat memainkan peran penting untuk mengembalikan perdamaian dan stabilitas di Myanmar," ucap Retno.

Indonesia, Retno menekankan, tidak akan berhenti mencari solusi atas krisis Myanmar. Indonesia akan bekerja sama dengan masyarakat internasional untuk menangani isu Rohingnya.

"Indonesia, dalam hal ini, berkomitmen untuk bekerja sama dengan komunitas internasional dalam mencari solusi yang berkelanjutan untuk penanganan isu Rohingya," ujarnya.

Kolaborasi dan tanggung jawab bersama untuk mengatasi krisis Rohingya menjadi topik utama yang diangkat sejumlah pembicara pada pertemuan ini. Indonesia diketahui merupakan salah satu co-host pertemuan yang diselenggarakan bersama Bangladesh, Kanada, Gambia, Arab Saudi, Turki, Inggris, AS, dan Uni Eropa.

Simak juga 'Sekjen PBB Buka Sidang Umum: Dunia Kita Dalam Bahaya dan Lumpuh!':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT