ADVERTISEMENT

Anies Harap Gubernur DKI Penggantinya Integrasikan JIS dengan KRL-LRT

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 16:28 WIB
Lokasi bedeng di belakang Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (21/1/2022).
Anies berharap gubernur DKI selanjutnya integrasikan Jakarta International Stadium (JIS) dengan stasiun KRL. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta International Stadium (JIS) terintegrasi dengan beragam moda transportasi publik. Salah satunya, dia berharap gubernur DKI selanjutnya membuat rute kereta rel listrik (KRL) menuju JIS.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang diteken Anies sejak 10 Juni 2022. Diketahui, stasiun terdekat dari JIS ialah Stasiun Ancol yang jaraknya sekitar 2,8 km.

"Selain itu, juga didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan pemerintah pusat," demikian bunyi keterangan dalam dokumen RPD yang dikutip, Kamis (22/9/2022).

Selain KRL, pihaknya mengupayakan pembangunan LRT di kawasan JIS. Menurutnya, integrasi transportasi ini diperlukan untuk mengoptimalkan JIS sebagai kawasan kegiatan olahraga, seni budaya, hingga ekonomi.

"Akses dari dan menuju kawasan juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai," demikian keterangan yang tertulis dalam dokumen RDP.

Sejauh ini akses yang baru tersedia menuju kawasan JIS adalah bus TransJakarta. Nantinya, penyediaan LRT akan masuk ke pembangunan Fase 2A rute Kelapa Gading-JIS sepanjang 8 kilometer.

Dokumen itu menjelaskan konsep integrasi kawasan JIS tak hanya dari segi fisik, melainkan dari segi bisnis hingga manajemen demi memaksimalkan potensi ekonomi pariwisata yang tinggi. Salah satunya dengan cara mengintegrasikan JIS dengan kawasan wisata Ancol.

"Potensi nilai ekonomi olahraga telah dibuktikan oleh penyelenggaraan event olahraga internasional ASIAN Games pada tahun 2018 yang telah mendatangkan banyak wisatawan mancanegara," jelasnya.

Anies Baswedan sebelumnya berharap pj Gubernur DKI nantinya melanjutkan pembangunan Jakarta sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026. Anies berharap RDP dijadikan pegangan kerja Pj Gubernur DKI nantinya.

"Kemudian ada yang namanya pembangunan jangka menengah, itulah pegangan dari siapa pun yang memimpin di institusi apa pun, di provinsi mana pun. Termasuk di Jakarta," kata Anies di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

"Jadi ada RPJMD namanya, sekarang RPD, rencana pembangunan daerah sampai 2026. Ini yang harus diikuti oleh siapa pun yang nanti menjalankan. Siapapun, namanya menjalankan kan," sambung dia.

Lihat juga video 'Heboh PSSI Sebut JIS Tak Layak, Jakpro Ungkap 10 Poin Standar FIFA':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT