DKI Targetkan Pembebasan Lahan Proyek LRT Pegangsaan Dua-JIS Beres Tahun Ini

ADVERTISEMENT

DKI Targetkan Pembebasan Lahan Proyek LRT Pegangsaan Dua-JIS Beres Tahun Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 22:12 WIB
LRT jabodebek
Ilustrasi LRT Jakarta (Foto: dok. KAI)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan memulai proses pembebasan lahan untuk proyek light rail transit (LRT) Fase 2A. Nantinya proyek ini akan melayani rute Pegangsaan Dua hingga Jakarta International Stadium (JIS).

"Pembebasan lahan masih dalam proses, tim pembebasan lahannya sudah dibentuk. Sekarang keseluruhan sedang bekerja," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Syafrin mengatakan pembebasan lahan ditargetkan rampung pada tahun ini sehingga kegiatan konstruksi rute baru sepanjang 8,2 kilometer ini bisa dimulai pada awal 2023 mendatang.

"Dari hasil feasibility study dan kajian tentu untuk pemanfaatan lahannya juga menjadi tanggung jawab Dishub melakukan pembebasan. Sekarang tim pembebasan lahan sudah terbentuk sudah bekerja menentukan evaluasi berikutnya sebelum masuk tahap pembayaran," ucapnya.

Dia berharap proses pembebasan lahan tak menemukan kendala, apalagi berujung sengketa tanah. Menurut Syafrin, pihaknya bekerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

"Kita akan mengacu ke sana, tetapi kami tentu berharap bahwa warga yang kemudian tanahnya atau swasta yang kemudian tanahnya terkena pembebasan lahan itu melihat manfaatnya bukan untuk saat ini, tapi untuk ke depan," ujarnya.

Syafrin meyakini penambahan rute LRT Jakarta dapat meningkatkan jumlah penumpang serta memudahkan mobilitas warga dalam beraktivitas. Sebab, menurut dia, jaringan LRT akan terhubung hingga Stasiun Halim sehingga terintegrasi dengan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Yang tadinya terbatas pada ruas yang ada sekarang dari Pegangsaan 2 ke Velodrome saja tentu dengan penambahan jaringan LRT ke JIS, kemudian masuk juga ke kawasan Halim yang akan terintegrasi dengan kereta cepat Jakarta-Bandung. Ini tentu akan meningkatkan ridership dan yang paling utama adalah mobilitas warga lebih efisien," katanya.

Dalam pemaparan PT Jakarta Propertindo (JakPro) pada Rapat Kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta, JakPro selaku perusahaan induk LRT Jakarta mengusulkan penyertaan modal daerah (PMD) untuk proyek LRT Fase 2A. Nilai PMD sebesar Rp 442 miliar diajukan dalam APBD-P 2022.

Anggaran itu diperuntukkan untuk melaksanakan pengerjaan pendahuluan (advance work) pada akhir 2022 serta memulai konstruksi prasarana jalur layang LRT pada awal 2023 mendatang. Lebih lanjut dijelaskan rute LRT 2A melintasi tujuh stasiun, yaitu Pegangsaan Dua, Britama, Artha Gading, Sunter Timur, Gelanggang Remaja, Sunter Barat, dan JIS.

Selain LRT fase 2A, pembangunan LRT Jakarta akan dilanjutkan ke proyek fase 2b Velodrome-Klender, proyek 3A JIS-Rajawali serta proyek 3B Klender-Halim.

(taa/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT