ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Suasana Markas PBB Jelang Biden Pidato di Sidang Majelis Umum ke-77

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 22:16 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidatonya di High-Level Week (HLW) atau Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB.
Suasana Markas PBB jelang pidato Presiden AS Joe Biden. (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidatonya di High-Level Week (HLW) atau Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB hari ini. Begini suasana jelang pidato Biden.

Sidang Majelis Umum berlangsung di Markas PBB, New York City, AS, Rabu (21/9/2022). Ini adalah hari kedua HLW Sidang Umum Majelis PBB.

Biden sebelumnya tidak hadir di hari pertama pembukaan HLW dengan agenda Sesi Debat Umum. Biden diketahui terbang ke Inggris untuk pemakaman Ratu Elizabeth II.

Biden pun dijadwalkan menghadiri Sesi Debat Umum hari kedua. Penjagaan di sekitar Markas PBB terpantau ketat.

Untuk menuju markas PBB dengan berjalan kaki, harus ditempuh dengan memutar blok-blok karena penutupan sejumlah ruas jalan. Polisi lokal hingga aparat negara AS menjaga ketat agenda ini.

Di hari normal, jarak tempuh berjalan kaki dari PTRI ke Markas PBB hanya memakan waktu 6 menit karena tidak ada penutupan jalan. Penjagaan ketat ini sudah tampak dari hari pertama HLW Sidang Majelis Umum PBB.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidatonya di High-Level Week (HLW) atau Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB.Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidatonya di High-Level Week (HLW) atau Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB. (Gibran Maulana/detikcom)

Untuk memasuki aula Sidang Majelis Umum PBB pun harus melalui screening ketat. Pengecekan barang bawaan hingga kartu identitas dilakukan teliti untuk dapat memasuki ruangan yang disediakan untuk jurnalis dari berbagai negara meliput.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi hadir untuk menyaksikan pidato Biden nanti. Menlu sebelumnya menghadiri Global Governance Group (3G) Ministerial Meeting di Perutusan Tetap Singapura, New York, AS.

Di hari pertama HLW Sidang Majelis Umum PBB, Menlu Retno Marsudi juga hadir langsung mewakili Pemerintah Indonesia. Turut hadir Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT