ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Menlu Wakili RI Hadiri Pembukaan HLW Sidang Umum PBB Ke-77 di AS

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 20:53 WIB
Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat (AS) resmi dimulai (Gibran-detikcom)
Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat (AS) resmi dimulai. (Gibran/detikcom)
New York -

High-Level Week (HLW) atau Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, Amerika Serikat (AS), resmi dimulai hari ini. Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi hadir memimpin delegasi RI di Sidang Umum PBB.

Pantauan di Markas PBB, New York, Selasa (20/9/2022), Retno tiba di lokasi pukul 09.00 pagi waktu AS. Selain Retno, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menkes Budi Gunadi Sadikin hadir dalam sidang ini.

Sidang Umum PBB kali ini berbeda dari 2 tahun sebelumnya. Kehadiran fisik di Sidang Umum PBB ke-77 sudah 100 persen seiring pandemi COVID-19 yang mereda. Di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden telah menyatakan pandemi berakhir. Di lokasi pun tidak ada lagi pengaturan jarak. Penggunaan masker pun bersifat opsional.

Agenda pertama dari rangkaian HLW Sidang Umum PBB adalah General Debate yang akan dibuka Presiden Majelis Umum Csaba Korosi dari Hungaria dan dilanjutkan pidato Sekjen PBB Antonio Guterres.

Dalam pidatonya, Guterres menyinggung dunia yang dalam bahaya. Dia juga menyinggung krisis akibat perang di Ukraina.

Sebagai informasi, Menlu Retno belum akan menyampaikan pidato mewakili pemerintah Republik Indonesia hari ini. Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Kolombia Gustavo Urrego, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan menjadi pembicara di hari pertama HLW Sidang Umum PBB.

Presiden AS Joe Biden sendiri belum hadir di hari pertama HLW Sidang Umum PBB. Joe Biden diketahui menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II di Inggris.

(gbr/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT