Pengelola Tol Kelapa Gading Bantah 40 Mobil Dikenai Tarif Golongan II

ADVERTISEMENT

Pengelola Tol Kelapa Gading Bantah 40 Mobil Dikenai Tarif Golongan II

Yogi Ernes, Brigitta Belia - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 15:39 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan ruas tol Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang, Jakarta, Senin (23/8).
Tol Kelapa Gading (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

PT Jakarta Tollroad Development (JTD) mengakui adanya kesalahan tarif mobil golongan I menjadi golongan II di GT Kelapa Gading. Namun pengelola membantah ada puluhan kendaraan yang mengalami hal serupa.

"Melalui pengecekan yang kami lakukan bahwa ada 2 kejadian salah golongan yang kemudian sudah ditangani dan dikembalikan uang selisih tarif sesuai golongan," ujar Kepala Divisi IT PT JTD Abdul Rachman dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (21/9/2022).

Dihubungi terpisah, Kepala Operasi dan IT PT JTD Charles Giroth mengatakan kesalahan tarif golongan kendaraan ini terjadi karena sistem eror. Charles mengatakan ini adalah kejadian pertama kalinya.

"Ini baru pertama kali, karena sistemnya terlalu sensitif. Saking sensitifnya, suka ada keliru pendeteksiannya. Memang perlu perawatan dan kalibrasi ulang," kata Charles.

Charles mengatakan sejauh ini, dari hasil pengecekan, hanya ada 2 kejadian salah pentarifan golongan kendaraan.

"Sejauh ini hanya ada dua kejadian, dari golongan I ke golongan II," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya telah memperbaiki permasalahan tersebut. PT JTD memastikan pemeliharaan dilakukan secara berjangka untuk mengantisipasi kejadian serupa.

"Kamu terus melakukan maintenance agar sistemnya tetap akurat," imbuh Charles.

Viral di Media Sosial

Kejadian ini ramai jadi perbincangan publik setelah beredar sebuah video yang memuat adanya keluhan salah satu pengendara mobil ketika membayar tarif masuk ke Tol Kelapa Gading. Pengendara itu merasa harus membayar biaya lebih mahal karena mobilnya dikenai tarif golongan II, padahal seharusnya golongan I.

"Bagi teman-teman yang masuk Tol Kelapa Gading hati-hati, perhatikan biaya karcis tolnya. Sesuaikan mobil dan golongannya. Mobilnya Avanza masuk ke golongan II bayarannya. Coba dah yang sering masuk tol diperhatikan jenis mobilnya dengan pembayarannya harus sesuai," kata pengendara seperti dilihat dalam video, Rabu (21/9).

Selain itu, warga tersebut mengatakan sudah banyak puluhan mobil di depannya yang bernasib sama.

"Karena ini sudah terjadi banyak sekali tadi di depan saya itu ada 40-50-an. Ini sistemnya tadi saya cek baru diperbaiki. Jadi entah sengaja atau apa," katanya.

Simak video 'Heboh Avanza Masuk Kendaraan Golongan II di Tol Kelapa Gading':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT