Pakar Politik BRIN Soroti Pergantian Wakil Ketua MPR

ADVERTISEMENT

Pakar Politik BRIN Soroti Pergantian Wakil Ketua MPR

Nahda Utami - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 08:57 WIB
Gedung DPR
Ilustrasi Gedung MPR/DPR (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor, menyoroti posisi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Firman melihat selama ini unsur DPD di dalam pimpinan MPR belum dapat memberikan dampak yang lebih.

"Padahal, sebagai Wakil Ketua MPR, daya jangkau komunikasi yang dimiliki demikian besar. Peluang mengangkat nama lembaga, baik DPD maupun MPR, sangat terbuka lebar. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kerja-kerja lembaga tersebut menjadi tidak terlihat karena performa personal," kata Firman dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Firman menilai arti penting adanya penyegaran di level Wakil Ketua MPR dari unsur DPD. Menurutnya, jabatan itu harus mampu menjadi bendera eksistensi lembaga, bukan hanya aksesoris formal saja.

Firman kemudian mendorong DPD ataupun MPR agar memperlihatkan kepemimpinan dengan peran yang utuh. Salah satunya sebagai komunikator beberapa kepentingan strategis.

"Eksistensi seorang pemimpin yang capable, mampu memainkan peran sebagai 'bendera' yang menunjukkan DPD bukan sekadar aksesoris formal dalam sistem ketatanegaraan kita," jelas Firman.

Lebih lanjut, Firman mengatakan masyarakat berharap akan segera muncul sosok baru yang mewakili DPD dalam pimpinan MPR. Sosok itu, lanjut Firman, yang dapat mengekspresikan kepentingannya dengan lebih aspiratif demi kepentingan bangsa.

"Dengan kepentingan yang sudah sangat mendesak itu, maka jelas rakyat kita saat ini tengah menunggu dan berharap bahwa akan segera muncul sosok baru yang mewakili DPD dalam pimpinan MPR," ujar Firman.

"Sosok negarawan yang dapat mengartikulasikan kepentingannya dengan lebih gamblang lagi, lebih artikulatif lagi dan lebih aspiratif lagi, demi kepentingan bangsa dan negara," sambungnya.

Simak juga 'Fadel Muhammad Ungkap 2 Pimpinan DPD Cabut SK Pencopotannya':

[Gambas:Video 20detik]

(nhd/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT