Terkuak Lin Che Wei Jadi Konsultan Terkait Impor Minyak Goreng Tanpa SK

ADVERTISEMENT

Sidang Korupsi Minyak Goreng

Terkuak Lin Che Wei Jadi Konsultan Terkait Impor Minyak Goreng Tanpa SK

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 13:43 WIB
Eksepsi terdakwa tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Weibinanto Halimdjati alias Lin Che Wei ditolak hakim dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (13/9/2022).
Foto Lin Che Wei: (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Kementerian Perdagangan Farid Amir mengungkapkan peran Lin Che Wei di Kementerian Perdagangan (Kemendag). Farid menyebut Lin Che Wei adalah konsultan tanpa SK penunjukan dari Kemendag.

Hal itu disampaikan Farid saat menjadi saksi dalam kasus ketersediaan stok dan pasokan minyak goreng di pasar dalam negeri, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022). Mulanya, jaksa penuntut umum mencecar Farid terkait identitas Lin Che Wei. Farid menyebut Lin Che Wei adalah konsultan dari IRAI (Independent Research & Advisory Indonesia).

"Lin Che Wei ini kan Saudara tahu dari mana?" tanya jaksa penuntut umum.

"Konsultan dari IRAI," jawab Farid.

Jaksa lalu bertanya dasar penunjukan Lin Che Wei sebagai konsultan di Kemendag yang turut diikutsertakan mengatasi kelangkaan minyak goreng. Farid mengungkap tidak ada dasar penunjukan terhadap Lin Che Wei.

"Nah apa dasar penunjukan IRAI melalui terdakwa Lin Che Wei ditunjuk oleh menteri ikut serta mengatasi kelangkaan minyak goreng saat itu?" tanya jaksa.

"Kontrak pak tidak ada," jawab Farid.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT