Jusuf Kalla Ikut Jemput Jenazah Azyumardi Azra di Bandara Soetta

ADVERTISEMENT

Jusuf Kalla Ikut Jemput Jenazah Azyumardi Azra di Bandara Soetta

Eva Safitri - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 21:23 WIB
Jusuf Kalla (Wildan-detikcom)
Jusuf Kalla (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra akan tiba di tanah air. Wakil Presiden ke-10 dan ke-11 Jusuf Kalla (JK) ikut dalam rombongan menjemput jenazah.

"Iya akan menjemput," kata Jubir Jusuf Kalla, Husain Abdullah, Senin (19/9/2022).

Husain mengatakan JK ikut dalam rombongan menjemput jenazah Azyumardi Azra di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Sebelumnya, rombongan itu berkumpul di rumah JK.

"Iya ramai rombongan yang mau menjemput alm Prof Azyumardi. Itu bukan mobil ambulans, tapi mobil jenazah. Beda," ujarnya.

Rombongan saat ini tengah dalam perjalanan ke Soetta. "Sudah on the way CGK," ujarnya.

Azyumardi Azra meninggal dunia hari ini. Azyumardi wafat setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

"Benar. Saya konfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan," kata Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu, Minggu (18/9).

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar sebelumnya mengungkapkan awal pemicu Azyumardi dirawat. Azyumardi mengalami sesak napas saat berada dalam penerbangan ke Malaysia.

"Sewaktu di pesawat, ada gangguan pernapasan. Dari situ dibawa ke hospital, ditangani di emergency," katanya.

Jenazah Azyumardi Azra bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan. Waktu pemakaman masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak keluarga.

"Info dari pihak keluarga Prof Azra akan dimakamkan di TMP Kalibata, Blok Z , Senin, 19 September 2022. Waktu pemakaman menunggu konfirmasi lebih lanjut," tulis pesan yang diterima di Jakarta seperti dilansir Antara, Minggu (18/9/2022).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Yadi Hendriana. Namun, Dewan Pers menunggu informasi dari pihak keluarga terkait dengan pemakaman almarhum Azyumardi Azra.

"Silakan untuk keterangan lebih lanjut dengan keluarga, kami dari Dewan Pers menunggu informasi dari keluarga," kata Yadi.

Lihat juga Video: JK Kenang Azyumardi Azra Sebagai Sosok yang Punya Banyak Jasa

[Gambas:Video 20detik]



(eva/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT