Menko PMK Muhadjir Effendy akan Jadi Irup di Pemakaman Azyumardi Azra

ADVERTISEMENT

Menko PMK Muhadjir Effendy akan Jadi Irup di Pemakaman Azyumardi Azra

Mulia Budi - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 14:30 WIB
Azyumardi Azra
Azyumardi Azra (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra bakal dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan menjadi inspektur upacara di pemakaman jenazah Azyumardi Azra.

"Rencana irup-nya kalau tidak ada perubahan adalah Menteri PMK, Pak Muhadjir yang akan memimpin pemakaman," kata Wakil Ketua Dewan Pers Agung Dharmajaya kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022).

Agung mengatakan Azyumardi Azra akan dimakamkan di blok Z TMP Kalibata. Dia menyebut persiapan untuk prosesi pemakaman telah dilakukan.

"Pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata di blok Z, jadi tempatnya sudah dipersiapkan," ujarnya.

Dia mengatakan diperkirakan jenazah Azyumardi Azra akan tiba di Tanah Air nanti malam. Dia menyebut jenazah Azyumardi Azra akan disemayamkan di UIN Ciputat.

"Kemudian prosesinya ketika nanti malam datang kemungkinan estimasi ya kalau tidak ada perubahan dan lain-lain diperkirakan sebelum pukul 10 malam sudah landing di Cengkareng, kemudian proses di bandara mudah-mudahan tidak terlalu lama," tuturnya.

"Kemudian bergeser nanti disemayamkan di UIN Ciputat karena datangnya malam tentunya proses untuk pemakamannya dilaksanakan pada hari Selasa, ini sedang kami konfirmasi terkait dengan jam pemakaman," lanjutnya.

Seperti diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit di Malaysia, Minggu siang waktu setempat. Azyumardi berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Kepergian Azyumardi Azra meninggalkan duka mendalam bagi sejumlah kalangan. Azyumardi dikenang sebagai sosok cendekiawan muslim yang sederhana dan kaliber dunia.

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT