Strategi Dirlantas Atasi Kemacetan Jakarta: Ganjil Genap-Rekayasa Lalin

ADVERTISEMENT

Strategi Dirlantas Atasi Kemacetan Jakarta: Ganjil Genap-Rekayasa Lalin

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 13:01 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman (Rizky Adha-detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (Rizky Adha/detikcom)
Jakarta -

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Usman Latif menyampaikan upaya mengatasi kemacetan di Jakarta. Dia menyebut kemacetan di Jakarta tidak bisa dilakukan seorang diri dan harus bekerja sama dengan stakeholder lainnya.

"Upaya yang telah kami lakukan adalah bagaimana kita mengatur sedemikian rupa arus, khususnya di pagi hari dan siang hari, dengan cara melakukan rekayasa lalu lintas pertama, yaitu contraflow atau pengalihan arus," ujar Latif di Kawasan Bundaran HI, Jakartw Pusat, Minggu (18/9/2022).

Oleh karena itu, sebagian wilayah diberlakukan penutupan arus lalu lintas. Kemudian, sejumlah ruas jalan juga diberlakukan sistem ganjil-genap. Meski begitu, ia mengakui cara tersebut memang belum mampu mengurai kemacetan sepenuhnya.

"Tetapi ini memang masih belum mampu mengurai secara sepenuhnya. Tetapi setidaknya ada sedikit upaya yang kita lakukan, ini betul-betul dirasakan masyarakat," ungkapnya.

Selanjutnya, pihak kepolisian juga mengupayakan dan mengusulkan kepada stakeholder terkait untuk dibahas bersama. Salah satunya terkait aturan jam pelaksanaan kegiatan.

"Ini sudah dibahas dan ini juga masih bergulir karena perlu pengkajian dan seluruh elemen masyarakat untuk bisa bersama-sama untuk memecahkan permasalahan ini. Kami usulkan sehingga masyarakat bisa merasakan bersama-sama, ini upaya yang mungkin sedang digodok oleh stakeholder lain," ucap Latif.


Jalur Sepeda Digunakan sebagai Tempat Parkir

Kemudian, Latif juga menyinggung soal jalur sepeda yang kini digunakan sebagai tempat parkir. Dia menyebutkan saat ini sudah ada sejumlah aturan yang berkaitan dengan Dinas Perhubungan.

"Iya tentunya, aturan-aturan itu sudah ada, dan kami berkomitmen dengan instansi-instansi terkait, yakni Dinas Perhubungan kami akan menertibkan dan mengingatkan," kata Latif.

"Kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa saat ini kami ingin mengajak untuk transportasi, kita manfaatkan transportasi, sehingga dapat mengurangi kemacetan di Jakarta ini," sambungnya.

Lihat juga Video: Pohon Besar Tumbang Tutup Jalan, Jalur Puncak-Cianjur Macet Parah!

[Gambas:Video 20detik]



(ain/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT