Begini Taktik Tipu-tipu Dukun Palsu 'Ubah Daun Jadi Uang' di Tangerang

ADVERTISEMENT

Begini Taktik Tipu-tipu Dukun Palsu 'Ubah Daun Jadi Uang' di Tangerang

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 17:09 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi tangan diborgol (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Tangerang -

Polsek Neglasari menangkap pria berinisial IS (37), dukun palsu yang menipu dengan modus mengubah daun menjadi uang di Tangerang. Awal mula warga bisa ditipu pelaku pun terungkap.

Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama mengatakan IS standby di sebuah tempat pemuka agama di Mauk, Banten. Ia sengaja standby di sana untuk mencari 'mangsa'.

"Jadi dalam beraksinya itu si pelaku ini standby di daerah pemuka agama di daerah Mauk. Korbannya ini tujuannya berkunjung ke pemuka agama itu," kata Putra saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Putra mengatakan IS kemudian mendekati warga yang awalnya ingin didoakan oleh pemuka agama di lokasi. IS kemudian mengaku sebagai anak angkat dari pemuka agama tersebut.

"Sebelum sampai pemuka agama sudah dipotong jalur sama si pelaku dan mengaku sebagai anak angkat pemuka agama itu. Dia bilang pemuka agamanya lagi di luar. Si korban itu yang bikin laporan ke polsek akhirnya percaya," tutur Putra.

Saat bertemu korbannya itu pelaku lalu mengaku sebagai orang sakti. IS kemudian menunjukkan kemampuannya yang bisa mengubah daun menjadi uang.

IS Juga Ngaku Jadi Penyalur Kerja

Aksi penipuan IS ternyata tidak hanya lewat modus sebagai dukun. IS pun mengaku sebagai penyalur kerja.

"Jadi dalam beraksi itu dia ada dua modus. Modus pertama itu modus dukun nah itu ada beberapa korban. Modus kedua dia modus menawarkan pekerjaan," tutur Putra.

Dalam modus penyalur kerja ini para korban diminta memberikan sejumlah uang kepada IS sebelum disalurkan bekerja di perusahaan yang telah dijanjikan. IS mengaku sebagai pekerja proyek agar para korbannya itu percaya.

"Pengakuannya dia kepada korban di modus kedua ini sebagai pekerja proyek," ungkap Putra.

Lihat juga video '2 Remaja Jadi Korban Pelecehan Dukun Cabul Modusnya Obati Galau':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT