Ridwan Kamil Sarankan Kepala Daerah di Jabar Ganti Mobil Listrik

ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Sarankan Kepala Daerah di Jabar Ganti Mobil Listrik

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 11:10 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Foto Ridwan Kamil (Foto: dok. Humas Jabar)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan agar kepala daerah di Jawa Barat mulai mengendarai kendaraan listrik. Hal ini dilakukan untuk berhemat.

"Kalau bupati beli mobil listrik, itu bisa menghemat miliaran rupiah dibanding dengan beli bensin. Jika semua pemda ganti mobil bensin ke mobil listrik, ini juga sebagai simbol keteladanan kepemimpinan," kata Ridwan Kamil seperti dilansir detikJabar, Rabu (14/9/2022).

Pria yang akrab disapa RK ini mengatakan krisis energi dalam waktu yang akan datang tidak bisa lagi dibendung. Karena itu, kendaraan listrik, menurutnya, bisa menjadi jalan keluar supaya mobilitas tak melulu mengandalkan minyak sebagai bahan bakar.

"Saran saya ini (harus) diiringi solusi dan kajian proyeksi jangka panjang. Saran saya, kita harus menyesuaikan diri, kecil-kecil, karena krisis energi ini umurnya akan panjang. Makanya seperti saya, pakai kendaraan listrik. Sudah harus dimulai dari sekarang," tuturnya.

Selain di lingkungan pemerintah, Ridwan Kamil menyarankan masyarakat mulai beralih ke kendaraan listrik untuk menghemat pengeluaran BBM. Sebab, selama menggunakan mobil listrik, ia mengklaim pengeluaran bahan bakar hanya 1/5 dibanding bahan bakar konvensional.

"Jadi, kalau ada pilihan cicil motor biasa atau listrik, dari sekarang mending motor listrik. Nggak pakai bensin, nggak ada pengaruh (kenaikan harga BBM). Dan harga listrik kalau dicolok cuma 1/5 dari harga BBM yang saat ini, jadi ini harus dimulai pelan-pelan," ucapnya.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga 'Mulai Rp 850 Ribuan, Wuling Air EV Ternyata Bisa Disewa Harian':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT