ADVERTISEMENT

Laporan dari Jeju

Megawati Ungkap Kedekatannya dengan Pemimpin Korsel dan Korut

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 13 Sep 2022 06:47 WIB
Megawati Soekarnoputri
Foto: Megawati Soekarnoputri. (Eva/detikcom)
Jeju -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap kedekatannya dengan pemimpin Korea Selatan dan Korea Utara. Megawati menuturkan dirinya diminta menjadi penengah antara dua negara itu.

"Ya karena bagaimanapun juga kebetulan saya tadi juga menerangkan bahwa saya dengan Korea Selatan dan Korea Utara itu menjadi sangat dekat karena pemimpin-pemimpin yang ada. Di Korea Utara dan Korea Selatan itu sangat menginginkan saya untuk menjadi spesial envoy antara kedua keluarga, kalau saya bilangnya keluarga," kata Megawati, di Jeju, Korea Selatan, Selasa (13/9/2022).

Oleh karena kedekatannya itu lah Megawati kerap diundang menghadiri forum di Korea. Seperti kunjungannya ke Jeju, Korea Selatan saat ini, dia akan dijadwalkan menjadi pembicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity.

"Sehingga begitulah dan dalam rangka kedatangan saya ini diundang oleh pemerintah di Jeju," ujarnya.

Megawati lantas menyebut Jeju salah satu tempat deklarasi perdamaian. Dia mengatakan sudah tiga kali diundang untuk menghadiri forum perdamaian ini.

"Karena Pulau Jeju itu bagian, di kita provinsi, yang telah mendeclaire sebagai tempat untuk perdamaian. Jadi saya sudah kalau nggak salah ini ke tiga kali karena ada forum konferensi perdamaian. Jadi beliau mengundang saya untuk jadi keynote speaker," ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan Megawati di Jeju akan dimulai Rabu (14/9). Megawati dijadwalkan akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dalam hal ini, Megawati berkapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju.

Barulah pada Kamis (15/9), Megawati akan menjadi pembicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity. Jeju Forum ke-17 ini akan diikuti 2.000 peserta.

Sejumlah tamu VIP dari sejumlah negara dijadwalkan ikut hadir dan menyampaikan materi di acara ini.

"Agenda utama Ibu Mega pada Kamis (15/9/2022) adalah keynote speech di acara pembukaan Jeju Forum for Peace and Prosperity," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Senin (22/9/2022).

Hasto menyebut dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan pidato, Megawati akan membagikan buku Pancasila, Dasar Negara Indonesia dalam bahasa Inggris.

"Dalam buku dijelaskan sejarah lahirnya Pancasila dan penjelasan tentang lima sila. Dulu pada 2017, di Jeju Forum ke-12, Ibu Mega juga hadir sebagai pembicara," ujar Hasto.

Hasto menambahkan selama dua hari itu, Megawati juga dijadwalkan memiliki agenda-agenda antara lain bertemu Gubernur Jeju Oh Young-hun dan menanam pohon baru di Megawati Soekarnoputri Garden yang terletak di salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju. Kebun tersebut diresmikan Megawati pada Mei 2017 lalu.

Hasto menyebutkan Megawati sangat berharap hubungan baik dan kerja sama antara Indonesia dan Korsel terus bisa ditingkatkan.

"Ini menjadi kunjungan kesekian kalinya Ibu Mega ke Korsel. Beliau selalu menyampaikan agar hubungan kedua negara terus terjalin dengan baik. Saat bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Seok-yeol di Seoul pada Mei lalu, hal itupun disampaikan Ibu Mega," ujar Hasto.

Simak juga 'Mimpi Besar AS-Korsel untuk Melucuti Nuklir Korut':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT