60 Tahun Berkarya, Begini Sosok Bamsoet di Mata Jokowi hingga Ma'ruf Amin

ADVERTISEMENT

60 Tahun Berkarya, Begini Sosok Bamsoet di Mata Jokowi hingga Ma'ruf Amin

Atta Kharisma - detikNews
Minggu, 11 Sep 2022 14:05 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo kembali meluncurkan dua judul buku bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-60 di Black Stone Garage (IMI Lounge) di Jakarta, Sabtu (10/9). 'Meniti Buih di Antara Karang' menjadi judul buku yang menandai 60 tahun perjalanan hidup Bamsoet sebagai politisi dan pengusaha.

Bamsoet juga membukukan ratusan opini yang ditulisnya di berbagai media massa sepanjang lima tahun terakhir sebagai anggota DPR RI dalam lima seri buku berjudul 'Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022'.

"Buku 'Meniti Buih di Antara Karang' banyak memuat kisah kehidupan saya yang jarang terekspos di publik. Dari mulai kisah saat remaja, hingga perjalanan karir saya sebagai wartawan, pengusaha, dan politisi. Dalam buku ini juga banyak memuat testimoni dari para sahabat, termasuk dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (11/9/2022).

Dalam testimoninya, Presiden Jokowi mengapresiasi peran Bamsoet dalam mewarnai perpolitikan nasional. Selain terus memantapkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ia menjelaskan Bamsoet bersama pimpinan MPR turut mengkaji substansi dan bentuk hukum pokok-pokok haluan negara, serta mengembangkan kerjasama internasional dalam menghadapi berbagai tantangan global.

"Selain perannya dalam perpolitikan saya juga mengapresiasi kontribusi Pak Bambang dalam berbagai kegiatan sosial dan hobi. Melihat usia beliau yang sudah menginjak 60 tahun, dengan aktivitas politik dan hobi yang sangat padat, Pak Bambang termasuk dalam kategori 'the young-old'. Walaupun sudah berusia 60 tahun, tetapi Pak Bambang masih bugar dan bersemangat, serta sangat aktif berkontribusi dalam karier maupun peran di masyarakat," tutur Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menceritakan dirinya tidak pernah melupakan saat diminta Bamsoet mengenakan rompi khas anak motor pada acara 'Riding Kebangsaan dan Grand Final Cerdas Cermat Empat Pilar' di Kompleks MPR RI di Jakarta sekitar akhir Februari 2020. Ini tentunya bertolak belakang dengan keseharian Abah, panggilan akrab Bamsoet kepada Ma'ruf Amin, yang selalu identik dengan sarung dan jas.

"Inilah pertama kali dalam hidup Abah mengenakan rompi khas anak motor. Ini demi Pancasila, demi Empat Pilar MPR RI, demi para bikers Indonesia. Abah sempat juga menggeber-geber gas motor. Itulah, hari yang sangat mengesankan Abah dengan Mas Bamsoet, yang Abah ketahui penyuka otomotif, dan banyak koleksi mobil klasik, maupun motor gedenya," ungkap Ma'ruf Amin.

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai Bamsoet sebagai sosok politisi yang senantiasa aktif dalam mengartikulasikan tugasnya sebagai anggota DPR RI. Ia mengatakan Bamsoet telah melaksanakan berbagai tugas DPR RI secara konstitusional melalui kerja sebagai anggota komisi, pansus, bahkan menjadi ketua DPR RI.

"Mas Bamsoet merupakan seorang yang memahami fatsun politik. Cara bicaranya, walau sering penuh canda, namun tetap santun, dan hati-hati. Dalam mengelola berbagai kepentingan politik yang menjadi dinamika di DPR RI maupun di MPR RI, Mas Bamsoet juga terlihat mengedepankan prinsip-prinsip yang taat aturan, taat azas, dan selalu menjaga adab," puji Puan.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut Bamsoet sebagai salah satu kader terbaik Partai Golkar dan figur yang taat azas. Bamsoet sendiri memang pernah bersaing dengan Airlangga memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar beberapa waktu yang lalu. Bamsoet pun menjadi bagian dari kepemimpinan Airlangga sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar dari mulai periode pertama Airlangga menjabat sebagai Ketua Umum hingga saat ini.

Sementara, Ketua KPK Komjen (Pol) Firli Bahuri menegaskan Bamsoet selalu memberi perhatian khusus terhadap upaya pencapaian zero korupsi di Indonesia. Ia mengatakan ini terlihat dari opini maupun pernyataan Bamsoet di media massa. Salah satu gagasan Bamsoet yang bernas adalah tentang 'bagaimana agar KPK menggalakkan fungsi pencegahan dalam menyelamatkan keuangan negara'.

"Saya mengenal Bamsoet sebagai seorang teman diskusi yang mengasyikan, sejak Beliau menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, Ketua DPR RI hingga saat ini sebagai Ketua MPR RI. Termasuk diskusi untuk masalah serius soal kebangsaan dan kenegaraan.," ucapnya.

Sedangkan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (P) Budi Gunawan menuturkan perjalanan hidup Bamsoet merupakan potret pengabdian terbaik seorang warga negara. Bahkan selama Pandemi COVID-19, Bamsoet aktif mendorong berbagai kalangan termasuk Badan Intelijen Negara untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19 ke berbagai lapisan kalangan masyarakat.

Senada, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengenang Bamsoet sebagai sosok yang 'extrovert' dan 'people oriented', membuatnya dikelilingi banyak teman, dan seiring berjalannya waktu, menjadi semakin 'well connected'.

"Saya tidak bisa menyatakan secara pasti kemana masa depan Mas Bamsoet akan mengalir. Tapi yang pasti potensi Mas Bamsoet akan semakin membesar dengan berjalannya waktu ke masa depan," sebutnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menuturkan sejak menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, Bamsoet selalu memberikan perhatian yang amat besar kepada Polri. Selain mengkritisi hal-hal yang dirasakan masih kurang di jajaran Polri, Bamsoet selalu memberi solusi dan penuh gagasan.

"Bagi saya pribadi, Bamsoet adalah sosok pemimpin yang solutif. Selalu memberikan saran dan menyampaikan masukan," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menceritakan sosok Bamsoet sebagai tokoh politisi yang patut untuk ditiru.

"Jika ingin jadi politisi, tirulah Bamsoet. Semua diraih by process. Tidak ada yang dilakukan secara instan. Kerja keras, kerja cerdas, dan tekadnya yang pantang menyerah saya kira jadi kunci sukses. Tentu tidak terlepas dari kepintaran mengatur strategi, agar tetap berada di orbit, terjaga elektabilitas dan popularitasnya. Bamsoet berhasil mengkombinasikan semua potensi yang ada pada dirinya, dengan peluang saat berjuang di lapangan," jelasnya.

"Kunci lainnya adalah kemampuan membangun jaringan. Bamsoet ada di mana-mana, di nyaris semua organisasi. Jika bukan pengurus, Ia selalu berusaha agar terkoneksi ke sana. Saya menilai Bamsoet juga mampu memaksimalkan fungsi positif media sosial. Saya kira tidak ada pemimpin lembaga tinggi negara, yang sekaligus menjadi YouTuber, punya podcast sendiri dan aktif menjadikan dirinya sumber berita," tandas Perry.

Turut hadir dalam acara peluncuran buku tersebut antara lain Duta Besar Maroko untuk Indonesia H.E Mr. OuadiĆ¢ Benabdella dan Group CEO Asia Cargo Network (Black Stone Airline) Marco Isaak.

Hadir pula Jajaran BOS Production sebagai pengelola Black Stone Garage, di antaranya Direktur Utama Hendra Noor Saleh, Direktur Operasional Djoko Iman Santoso serta Manager Marcom sekaligus Project Manager Bostixx Saras Shintya Putri Soesatyo. Turut hadir berbagai komunitas otomotif seperti Hogers Indonesia, Motor Besar Club Indonesia, Motoladies Indonesia, Anak Elang Indonesia, Motor Besar Club Indonesia dan VW Beetle Club Indonesia.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT