Jalanan Rawan Pemotor Tergelincir di Kota Tua Mulai Dilapisi Anti-skid!

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Jalanan Rawan Pemotor Tergelincir di Kota Tua Mulai Dilapisi Anti-skid!

Mulia Budi - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 14:18 WIB
Pengerjaan marka jalan berupa lapisan anti-skid di tikungan Jl Pintu Besar Utara Kota Tua yang rawan bikin pemotor jatuh tergelincir, 10 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Pengerjaan marka jalan berupa lapisan anti-skid di tikungan Jl Pintu Besar Utara Kota Tua yang rawan bikin pemotor jatuh tergelincir, 10 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Tikungan rawan pemotor tergelincir di Jl Pintu Besar Utara kawasan Kota Tua mulai dilapisi cat anti-skid. Para pekerja melakukan pengecatan jalan ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (10/9/2022), para pekerja tampak memulai pengerjaan penambahan anti-skid di atas speed table Jl Pintu Besar Utara, Kota Tua, pukul 13.00 WIB.

Pengerjaan dimulai dengan pemberian lapisan perekat pada ruas jalan sebelah kiri.

Para pekerja terlihat memasang traffic cone dan pembatas garis agar pengguna jalan tidak melintas di area yang sudah dipasang lapisan perekat tersebut. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI juga tampak berjaga di lokasi untuk mengatur lalu lintas di jalanan tersebut.

Selain itu, satu mesin pengering atau blower juga terlihat ada di lokasi. Mesin itu nantinya digunakan para pekerja agar lapisan perekat yang dipasang dapat segera kering.

"Pengerjaan ini harus dilakukan di medan yang kering, makanya kalau ada yang basah biar segera dikeringkan," kata salah satu pekerja.

Pengerjaan marka jalan berupa lapisan anti-skid di tikungan Jl Pintu Besar Utara Kota Tua yang rawan bikin pemotor jatuh tergelincir, 10 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)Pengerjaan marka jalan berupa lapisan anti-skid di tikungan Jl Pintu Besar Utara Kota Tua yang rawan bikin pemotor jatuh tergelincir, 10 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Pengerjaan Anti-skid sedianya dilakukan tadi malam

Salah satu area di tikungan Jl Pintu Besar Utara, Kota Tua, Jakarta Barat, kerap membuat pemotor tergelincir hingga terjatuh. Tekstur permukaan jalan itu akan dibuat lebih kasar.

"Nanti malam ada pengerjaan perbaikan tikungan speed table dengan menggunakan anti-skid, itu ada butiran yang kasar untuk supaya tidak licin," kata pelaksana tugas Jalanan Kawasan Kota Tua, Deni, saat ditemui di Kota Tua Jakarta, Jumat (9/9) tadi malam.

"Malam ini kita kerjakan," kata Deni.

Namun hal itu urung dilakukan karena tadi malam jalanan basah diguyur hujan. Akibatnya, pengerjaan lapisan anti-skid baru bisa dilakukan siang ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo juga menjelaskan soal lapisan yang bisa menambah daya cengkeram permukaan jalanan dengan ban kendaraan bermotor di sini. Dia menyebutnya marka jalan.


Ada sejumlah hal yang dikerjakan di sini supaya warga tidak celaka gara-gara jalanan licin. Pertama, speed table, yakni berupa permukaan jalan yang lebih tinggi.

"Speed table dimaksudkan untuk memperlambat kecepatan dan memberikan elevasi yang sama dan rata antara jalur pedestrian kiri dan kanan," kata Syafrin Liputo.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin LiputoKadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Anggi/detikcom)

Kedua, speed trap. Tonjolan kecil-kecil namun berjejer di jalanan ini berguna untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Ketiga, ada marka atau lapisan anti-skid ini. Ada pula tali air supaya tidak banjir.

"Telah dilakukan penambahan tali air di area speed table, semula jarak tali air 1 meter menjadi 40 cm. Dan, sudah dipasang marka agar daya cengkeram ban sepeda motor lebih kuat saat hujan," kata Syafrin.

Namun sebenarnya sepeda motor tidak boleh melintas di sini. "Sebenarnya desain jalannya bukan untuk sepeda motor karena kawasan itu sudah menjadi kawasan LEZ (low emission zone/zona emisi rendah)," kata Syafrin.

Simak video 'Rawan Pemotor Tergelincir, Jalan di Kota Tua Mulai Dilapisi Anti-skid':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT