Ancang-ancang KPK Limpahkan Kasus Surya Darmadi ke Kejagung

ADVERTISEMENT

Ancang-ancang KPK Limpahkan Kasus Surya Darmadi ke Kejagung

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Sabtu, 10 Sep 2022 08:23 WIB
Surya Darmadi menjalani sidang perdana Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (8/9/2022).
Surya Darmadi saat menjalani sidang perdana Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (8/9/2022). (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Surya Darmadi tengah beperkara di KPK dalam kasus suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau pada Kementerian Kehutanan tahun 2014. Surya Darmadi ditetapkan sebagai tersangka KPK pada 2019 dalam kapasitas sebagai pemilik PT Darmex Group atau PT Duta Palma.

Anak buah Surya Darmadi juga ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini, yakni Suheri Terta, Legal Manager PT Duta Palma Group tahun 2014. Karena saat ini Surya Darmadi beperkara di Kejaksaan Agung, KPK mengaku tengah memikirkan pelimpahan berkas tersangka korupsi Surya Darmadi ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Sebenarnya, kalau menurut saya, menurut hemat saya, lebih enak kami limpahkan ke Kejagung. Karena mereka lebih komprehensif untuk Pasal 2 maupun pasal 3-nya. Dan untuk pembuktian suap kan lebih sederhana," kata Deputi bidang Penindakan KPK Karyoto.

Hal itu disampaikan Karyoto kepada wartawan, Kamis (8/9/2022). Karyoto juga memikirkan soal tumpang tindih dalam hal penyidikan yang menurutnya tak elok.

"Dan barangkali nanti, jangan sampai nanti justru kegiatan kami sama-sama penyidik saling tumpang tindih, itu nggak elok. Nanti akan kami sampaikan kepada Deputi Korsup untuk memfasilitasi ini," jelasnya.

Karyoto mengaku dia dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sependapat dalam hal pelimpahan berkas Surya Darmadi tersebut. Menurutnya, Kejagung lebih komprehensif.

"Kalau saya, Pak Alex pun sependapat. Lebih baik dilimpahkan, mana yang lebih komprehensif, saya rasa di kejaksaan lebih komprehensif," ucap Karyoto.

Untuk diketahui, Surya Darmadi telah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku tak mempermasalahkan jika Kejagung lebih dulu menyidangkan Surya Darmadi.

"Nggak (berpeluang jadi satu perkara). Udah (sidang) duluan. Nggak apa-apa, kita kan suap. Jaksa Pasal 2 Pasal 3 nggak masalah juga," kata Alex kepada wartawan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (6/9).

Simak video 'Kerugian Negara Terbaru Kasus Surya Darmadi Tembus Rp 104,1 T, Ini Rinciannya':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT