KPK Mau Limpahkan Kasus Suap Surya Darmadi ke Kejagung, MAKI Nilai Sudah Pas

ADVERTISEMENT

KPK Mau Limpahkan Kasus Suap Surya Darmadi ke Kejagung, MAKI Nilai Sudah Pas

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 15:47 WIB
Boyamin Saiman
Koordinator MAKI Boyamin Saiman (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

KPK mempertimbangkan untuk melimpahkan berkas perkara dugaan suap dengan tersangka Surya Darmadi ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menilai langkah itu sudah pas.

Boyamin awalnya bicara soal sinergi antarpenegak hukum. Dia kemudian menyebut ada kasus yang sempat mulai diusut Kejagung, namun akhirnya dilimpahkan ke KPK.

"Sebelumnya juga bahkan Kejaksaan Agung bersedia melepas kasus dugaan korupsi pembelian LNG dari Mozambik, dari Afrika, yang sebenarnya sudah di tingkat Kejaksaan Agung di bulan-bulan Oktober tahun 2021. Tapi kemudian, ketika KPK meminta atau ingin menangani itu, maka kemudian juga dilepas oleh Kejagung. Jadi, ini timbal balik dari proses gakkum (penegakan hukum) di kita," kata Boyamin kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Boyamin kemudian menyinggung soal Undang-Undang No 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dia mengatakan UU KPK itu memberi amanat sinergi antara KPK dan penegak hukum lain dalam pemberantasan korupsi.

Boyamin juga menyebut kasus dugaan suap Surya Darmadi lebih cocok ditangani oleh Kejagung. Dia mengaku mendukung pelimpahan tersebut.

"Saya kira itu lebih pas. Kalau kemudian KPK menyerahkan kasus suap Surya Darmadi ke lembaga Kejagung dan kita dukung sepenuhnya, dan terima kasih atas kerelaan KPK," ujar Boyamin.

Boyamin menilai pelimpahan itu dilakukan agar penanganan perkara lebih efektif. Diketahui, Kejaksaan Agung juga menangani kasus dugaan korupsi yang menjerat Surya Darmadi sebagai tersangka. Kasus dengan kerugian negara hingga Rp 86,5 triliun itu sudah mulai disidang.

"Sisi lain ini juga untuk efektivitas, efisiensi penanganan perkara. Karena nanti kalau KPK juga menangani ini akan menjadi ada kendala-kendala. Karena ini kan sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor," sebutnya.

"Kalau diserahkan ke Kejagung, maka akan bisa cepat karena ini penanganannya sekalian oleh Kejaksaan Agung," sambung Boyamin.

Sebelumnya, KPK mengaku tengah memikirkan pelimpahan berkas tersangka korupsi Surya Darmadi ke Kejagung. Selain berperkara di Kejagung, Surya Darmadi terjerat perkara suap di KPK.

Deputi bidang Penindakan KPK Karyoto mengaku dia lebih memilih melimpahkan berkas perkara Surya Darmadi ke Kejagung. Menurutnya, perkara suap yang diusut KPK lebih sederhana dibanding perkara kerugian negara yang diusut Kejagung.

"Sebenarnya kalau menurut saya, menurut hemat saya, lebih enak kami limpahkan ke Kejagung. Karena mereka lebih komprehensif untuk Pasal 2 mau pun pasal 3-nya. Dan untuk pembuktian suap kan lebih sederhana," kata Karyoto kepada wartawan, Kamis (8/9).

Simak video 'Ini Kerusakan Hutan yang Diduga Akibat 5 Perusahaan Sawit Surya Darmadi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT