6 Penyandera Mobil Dinas Walkot Cilegon Jadi Tersangka

ADVERTISEMENT

6 Penyandera Mobil Dinas Walkot Cilegon Jadi Tersangka

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 23:04 WIB
Jakarta -

Polisi telah menangkap enam orang yang sempat menyandera mobil dinas Toyota Camry Hybrid bernopol A-1-R yang ditumpangi Wali Kota (Walkot) Cilegon Helldy Agustian di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Para pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sampai saat ini Polda Metro Jaya melalui Ditkrimum telah proses kejadian tersebut karena unsur pidana dipenuhi sehingga ditetapkan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Zulpan mengatakan peristiwa tersebut harus menjadi pembelajaran bagi pihak yang ingin menyampaikan pendapat di muka umum. Meski dilindungi oleh undang-undang, para peserta aksi massa diwajibkan menghormati pengguna lain fasilitas publik.

"Jadi imbauan dari kami kepada masyarakat menyampaikan pendapat di muka umum itu diatur dalam UU kita namun ada juga norma-norma yang harus kita patuhi. Di antaranya bagaimana kita menghargai orang lain yang berkendara jangan sampai kendaraannya kita hentikan kita rusak kita sandera dan sebagainya," terang Zulpan.

Selain itu, Zulpan menyebut, meski Walkot Cilegon Helldy Agustian tidak ingin mempersoalkan peristiwa tersebut, dia menyebut tindakan para pelaku telah memenuhi unsur pidana sehingga dilakukan penegakan hukum.

"Tentunya itu suatu pelanggaran apakah itu dilaporkan oleh korban atau tidak. Tapi tindakan itu dilihat oleh kepolisian sehingga kepolisian mengambil langkah-langkah penegakan hukum," ucap Zulpan.

Keenam tersangka itu telah ditahan di Polda Metro Jaya. Para pelaku dijerat dengan pasal pengeroyokan.

"(Dijerat) Pasal 170 KUHP," katanya.

Mobil Walkot Cilegon Sempat Disandera

Video mobil dinas seorang pejabat dicegat massa penolak kenaikan harga BBM viral di media sosial. Massa juga sempat menduduki mobil sedan mewah pejabat tersebut.

Dilihat detikcom, Selasa (6/9), tampak sejumlah orang menghadang mobil dinas pejabat berwarna hitam itu saat melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta. Terlihat sekitar dua orang menduduki dan merebahkan badan di kap mobil dinas pejabat tersebut.

Mereka tampak menolak saat ditarik turun dari mobil dinas baru Toyota Camry Hybrid bernomor polisi A-1-R itu. Bahkan massa juga ada yang menarik pelat dinas berwarna merah mobil tersebut.

Diketahui, mobil dinas tersebut ditumpangi Wali Kota (Walkot) Cilegon Helldy Agustian. Helldy menceritakan momen mobilnya dicegat hingga ditiduri massa penolak kenaikan harga BBM.

Dia mengatakan peristiwa itu terjadi saat dia hendak menuju gedung MNC di Kebon Sirih, Jakarta, pada Senin (5/9) kemarin sore.

"Betul, kemarin mobil kita dicegat yang demo nolak BBM, itu sekitar jam 5 (sore) lewat dikit. Kemarin saya dalam perjalanan ke gedung MNC dalam rangka menerima penghargaan best leadership di sana," kata Helldy saat dimintai konfirmasi, Selasa (6/9).

Helldy mengatakan kejadian itu dianggap biasa lantaran dia seorang pejabat. Dia mengaku penyanderaan mobil dinasnya itu hanya berlangsung kurang dari 10 menit.

"Ya kita biasa saja, karena kita juga berempati ke mereka yang memang kondisinya kan BBM baru aja naik. Kita ngertilah situasinya gimana. Makanya kita biarkan mereka sempat orasi juga di depan mobil," ujarnya.

(ygs/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT