Bila Tak Dapat Diskon Vonis 60 Persen, Pinangki Tak Akan Bebas Saat Ini

ADVERTISEMENT

Bila Tak Dapat Diskon Vonis 60 Persen, Pinangki Tak Akan Bebas Saat Ini

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 09:50 WIB
Jaksa Pinangki Sirna Malasari terus menjadi buah bibir. Usai ditangkap terlibat dalam kasus Djoko Tjandra, kini gaya hidup mewahnya pun tak luput dari sorotan media. Ini potretnya.
Foto Pinangki Sirna Malasari: (dok. Pribadi/Instagram @pinangkit)
Jakarta -

Mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari mendapat bebas bersyarat dikarenakan masa hukumannya hanya 4 tahun penjara. Jika Pinangki dihukum berdasarkan putusan awal yakni 10 tahun, akankan dia mendapat bebas bersyarat tahun ini?

Untuk mendapatkan bebas bersyarat, maka Pinangki setidaknya telah menjalani paling sedikit 2/3 (dua per tiga) masa pidana, dengan ketentuan 2/3 (dua per tiga) tersebut paling singkat 9 (sembilan) bulan. Kemudian juga berkelakuan baik selama menjalani masa pidana paling sedikit 9 (sembilan) bulan terakhir dihitung sebelum tanggal 2/3 (dua pertiga) masa pidana.

Serta telah mengikuti program pembinaan dengan baik. Dan juga telah menjalani pembinaan paling sedikit 1 (satu) tahun.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Dalam kasus ini, Pinangki adalah terpidana kasus suap Djoko Tjandra yang divonis 10 tahun penjara di tingkat pertama di Pengadilan Tipikor Jakarta. Tapi, vonis tersebut disunat oleh Pengadilan Tinggi Jakarta menjadi 4 tahun penjara sesuai dengan tuntutan jaksa di tingkat pertama.

Jika hukuman Pinangki itu tetap 10 tahun penjara dan tidak didiskon 60 persen, maka diperkirakan dia akan dapat bebas bersyarat pada tahun 2026. Sebab, 2/3 masa pidana dari 10 tahun adalah 6 (enam) tahun dan 8 (delapan) bulan masa tahanan. Ini juga bisa berkurang jika dikurangi remisi.

Yang jelas, Pinangki tidak akan bebas bersyarat tahun ini jika dia tidak dihukum 4 tahun penjara. Jika dihitung, 2/3 dari 4 tahun adalah 32 bulan.

Pinangki ditahan sejak penyidikan pada Agustus 2020. Kemudian bebas bersyarat September 2022, berarti Pinangki mendekam di penjara selama 25 bulan, sebab dia mendapat dua kali remisi yakni remisi lebaran dan HUT RI.

Selanjutnya

Simak Video 'Berkelakuan Baik, Pinangki Sirna Malasari Bebas Bersyarat':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT