Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos

ADVERTISEMENT

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 14:07 WIB
Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos
Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos | Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Presiden baru Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada Senin (5/9/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan Presiden Filipina yang kerap dikenal Bongbong Marcos di Istana Bogor.

Sebelumnya, Presiden baru Filipina Bongbong Marcos akan melakukan perjalanan ke Indonesia dan Singapura dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat. Marcos akan membahas beberapa kesepakatan dalam kesempatan tersebut.

Presiden Jokowi Sambut Presiden Baru Filipina di Istana Bogor

Diketahui, Presiden Jokowi menyambut kunjungan Presiden Baru Filipina Bongbong Marcos di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kunjungan Bongbong Marcos dalam rangka kunjungan kenegaraan yang dilakukan pada hari ini, Senin (5/9/2022).

Presiden Jokowi merasa terhormat Indonesia menjadi negara yang pertama dikunjungi Bongbong Marcos sejak menjabat sebagai Presiden Baru Filipina. Jokowi mengatakan hal tersebut menjadi penegasan hubungan bilateral di antara kedua negara.

"Saya percaya hubungan kedua negara Indonesia dan Filipina akan semakin erat," ujar Jokowi.

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong MarcosPresiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos | Foto: Grandyos Zafna

Kesan Presiden Baru Filipina Bongbong Marcos di Indonesia

Dalam kesempatan kunjungan kenegaraan di Indonesia, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr menjelaskan alasan Indonesia menjadi negara yang pertama dikunjungi dalam masa pemerintahannya. Bongbong Marcos berbicara mengenai kedekatan budaya Indonesia dan Filipina.

"Saya memilih Indonesia, Jakarta, sebagai kunjungan pertama dalam masa kepresidenan saya karena sejumlah alasan. Salah satu di antaranya adalah karena kita dekat, tidak hanya secara geografi, tetapi juga dekat dalam budaya dan etnis," ujar Marcos Jr.

Marcos Jr juga menekankan mengenai pentingnya membangun kebersamaan di kawasan. Dia ingin hubungan Filipina dan Indonesia terus dipererat.

Selain itu, Marcos Jr menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Jokowi. Dia merasa seperti berada di rumah.

Presiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong MarcosPresiden Baru Filipina Temui Jokowi, Ini Sosok Bongbong Marcos | Foto: pbbm.com.ph

Profil Presiden Baru Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr

Dilansir laman resmi President Republic of The Philippines, Presiden Filipina bernama lengkap Ferdinand Romualdez Marcos Jr. Dia kerap dikenal dengan panggilan Bongbong Marcos atau Marcos Jr.

Bongbong Marcos adalah Presiden baru Filipina yang merupakan Presiden Filipina yang ke-17. Presiden Filipina Bongbong Marcos telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani rakyat Filipina selama lebih dari dua dekade.

Kehidupan Awal Bobong Marcos

Bongbong Marcos lahir pada tanggal 13 September 1957 di kota Batac, Ilocos Norte. Marcos Jr bersekolah di sekolah dasar La Salle Green Hills (1964), dan menyelesaikan pendidikan menengahnya di Worth School di West Sussex, Inggris (1974). Dia memperoleh gelar Diploma Khusus dalam Studi Sosial dari Universitas Oxford (1978). Bongbong kemudian mendaftar di Wharton School of Business untuk master of Business Administration, yang akhirnya dipersingkat karena dia terpilih pada tahun 1980 sebagai Wakil Gubernur provinsi asalnya, Ilocos Norte.

Keluarga Ferdinand Marcos Jr

Ferdinand Marcos Jr adalah satu-satunya putra dan senama dari mendiang mantan Presiden Ferdinand E. Marcos Sr. dan mantan Ibu Negara Imelda Romualdez Marcos. Marcos Jr memiliki tiga saudara perempuan: Imee, Irene dan Aimee.

Pada tahun 1993, Bongbong Marcos menikah dengan Louise Liza Cacho Araneta. Mereka dikaruniai tiga orang anak: Ferdinand Alexander Sandro, Joseph Simon dan William Vincent Vinny.

Bongbong Marcos sebagai Presiden Filipina

Bongbong Marcos memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada tahun 2022. Bongbong Marcos kemudian terpilih dengan jumlah suara terbesar dari kandidat Presiden mana pun dalam sejarah negara itu.

Sebagai Presiden Filipina sekarang, Bongbong Marcos bersumpah untuk menjadi pemimpin bagi setiap orang Filipina dan berdiri teguh di belakang visinya untuk menyatukan bangsa dan memberikan masa depan yang lebih cerah bagi rakyat.

Demikian informasi tentang Presiden baru Filipina Bongbong Marcos yang tengah melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT