ADVERTISEMENT

Jokowi Usul ke Presiden Filipina Buka Jalur Penerbangan Manado-Davao

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 13:19 WIB
Presiden Jokowi (Kanavino/detikcom)
Presiden Jokowi (Kanavino/detikcom)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr untuk mengembangkan konektivitas Indonesia dan Filipina. Jokowi mengusulkan pembukaan jalur penerbangan Manado-Davao.

"Saya mengajak Filipina untuk terus mengembangkan potensi perdagangan dan juga konektivitas di wilayah perbatasan. Saya mengusulkan revitalisasi jalur Kapal Roro Bitung-Davao dan membuka jalur penerbangan Manado-Davao," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (5/9/2022).

Jokowi juga mendorong peningkatan kerja sama infrastruktur dan industri strategis. Menurut Jokowi, sejumlah BUMN sudah ikut serta dalam program pembangunan di Filipina.

"Misalnya proyek pengadaan dua kapal landing platform dock oleh PT PAL dan proyek persinyalan kereta di Manila oleh PT LEN. Saya berharap agar rencana pembelian pesawat NC 212i dari PT Dirgantara Indonesia dapat direalisasikan. Ke depan saya ingin semakin banyak kesempatan bagi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia mendukung pembangunan di Filipina," imbuh Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan mengenai pentingnya penguatan ASEAN. Jokowi ingin ASEAN terus berperan bagi perdamaian dunia.

"Indonesia ingin memastikan agar ASEAN terus menjadi lokomotif stabilitas perdamaian dan kemakmuran kawasan. ASEAN harus mampu mengatasi berbagai tantangan ke depan dan memperkokoh penghormatan terhadap piagam ASEAN," ujar Jokowi.

Lihat juga video 'Ditutup Pemerintah Duterte, Kantor Berita Rappler Tetap Bekerja':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT