Firman Wijaya Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum Peradin 2022-2027

ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Firman Wijaya Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum Peradin 2022-2027

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 10:44 WIB
Firman Wijaya
Firman Wijaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Firman Wijaya kembali terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) untuk periode kedua 2022-2027. Firman dipilih secara aklamasi dalam Munas Peradin yang juga HUT Peradin ke-28.

Salah satu programnya adalah mendukung pengesahan KUHP Nasional.

"Sikap pertama merekomendasikan kepada pemerintah, yaitu mendukung rancangan KUHP nasional untuk segera menjadi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) nasional," kata Firman Wijaya kepada wartawn, Senin (5/9/2022).

Munas itu digelar pada akhir pekan lalu di Yogyakarta. Hadir dalam munas itu perwakilan anggota Peradin dari berbagai provinsi. Selain advokat senior, Firman Wijaya saat ini juga Asisten I Staf Khusus Wakil Presiden RI bidang Hukum.

"Kedua, Peradin merekomendasikan penyempurnaan omnibus law terutama percepat peraturan pelaksananya, karena Peraturan Pemerintah (PP) belum selesai sampai hari ini. Ketiga, terkait situasi hukum saat ini berbagai kasus hukum nasional yang melanda institusi penegak hukum, maka Peradin mendukung institusi Polri untuk bersikap profesional. Kita harus bisa membedakan antara mana yang persoalan personal dan institusional," ucap Firman Wijaya.

Selain itu, Firman Wijaya akan membawa Peradin tidak hanya kritis kepada negara tapi juga memberikan masukan positif.

"Saya selaku Asisten I Staf Khusus Wakil Presiden RI bidang hukum dan Ketua Umum BPP Peradin menyampaikan komitmen Peradin tidak hanya mengkritisi tetapi juga mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah," pungkas Firman Wijaya.

(asp/asp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT