Pelapor soal Deolipa Ngaku Cuma Menduga di Kasus Ferdy Sambo: Ngeles!

ADVERTISEMENT

Pelapor soal Deolipa Ngaku Cuma Menduga di Kasus Ferdy Sambo: Ngeles!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 17:11 WIB
Mantan kuasa hukum Bharada E atau Richard Eliezer, Deolipa Yumara
Deolipa Yumara (Foto: Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Aliansi Advokat Antihoax Zakirudin Chaniago menanggapi pengacara Deolipa Yumara yang mengatakan ucapannya terkait kasus eks Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo merupakan dugaan semata. Zakirudin melihat Deolipa tidak konsisten terhadap pernyataannya.

"Ya ngeles, artinya orang kalau udah ngeles itu, ya nggak konsisten dengan pendapatnya sendiri. Kalau dia konsisten, ya dia akan hadapi secara kesatria, bukan semacam ini," kata Zakirudin kepada wartawan, Sabtu (3/9/2022).

Deolipa diketahui dilaporkan Aliansi Advokat Antihoax atas dugaan penyebaran informasi bohong atau hoax terkait kasus dugaan pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Bukan hanya Deolipa, pengacara Kamaruddin Simanjuntak juga dilaporkan terkait hal itu.

Zakirudin mengaku heran terhadap Deolipa yang hanya menduga terkait ucapannya soal istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, kepergok Brigadir Yosua berhubungan intim dengan Kuat Ma'ruf. Dia menilai pernyataan Deolipa itu tidak memiliki dasar hukum.

"Ini mengaitkan dengan seperti Komnas HAM. Komnas suatu lembaga, bukan pribadi. Lembaga tentu ada kajiannya, bukan asal ngarang aja, dia ada kajiannya, hasil penelitiannya. Ketika ada perubahan, ada alasan perubahannya yang bisa diterima secara akademis, mempunyai dasar hukum. Kalau ini kan nggak," ujar Zakirudin.

Lebih lanjut, Zakirudin juga menyebut pihaknya telah menyiapkan beberapa bukti pada saat melaporkan Deolipa dan Kamaruddin. Bukti itu berasal dari pernyataan-pernyataan yang telah diucapkan Deolipa dan Kamaruddin kepada publik.

"Itu kan buktinya jelas banyak. Kalau nggak punya bukti permulaan yang cukup, itu nggak mungkin Mabes Polri menerima laporan kita. Kita sudah 4,5 jam gelar perkara itu bukan berarti kita datang langsung diterima laporan, memang rekayasa? Ini data-data dari ucapan dia sendiri," jelas Zakirudin.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Pengacara Bantah Isu Putri dan Kuat Ma'ruf Berhubungan Intim':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT