Polda Metro: Street Race Benyamin Sueb Akan Jadi Ajang Sportainment

ADVERTISEMENT

Polda Metro: Street Race Benyamin Sueb Akan Jadi Ajang Sportainment

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 14:53 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran buka street race Kemayoran.
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membuka street race Kemayoran. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran membuka gelaran street race di Jalan Benyamin Sueb siang ini. Pembukaan dilakukan dengan Fadil menjajal drag race.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (3/9/2022), Fadil Imran tiba di area street race pukul 12.36 WIB. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Kapolda beserta jajaran terlihat mengibarkan bendera hitam putih sebagai simbol pembukaan gelaran diikuti perwakilan pembalap yang melintas.

"Selamat datang kembali dalam ikhtiar ekosistem street race Polda Metro Jaya. Ini gelaran street race keempat yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya. Ini merupakan realisasi akan inovasi dan niat kami, bukan sekadar wacana," kata Fadil dalam sambutannya, Sabtu (3/9/2022).

Fadil mengaku gelaran street race Benyamin Sueb menjadi gelaran street race legal 500 meter terbesar dalam sejarah yang dilaksanakan di DKI Jakarta.

"Konon, Benyamin Sueb ini adalah lokasi yang sakral untuk street race. Street race Polda Metro Jaya di Kemayoran ini adalah pertama dan terbesar dalam sejarah drag race legal 500 meter di DKI Jakarta yang terlaksana di jalan umum dengan crowd yang luar biasa yang menyatukan semua kalangan dan penggemar balap," jelasnya.

Fadil menambahkan, ada perbedaan gelaran hari ini dengan tiga gelaran street race sebelumnya. Di street race hari ini, tak hanya disediakan drag race dan pertunjukan musik, tapi juga ada pertarungan tinju.

Fadil menyebut hal tersebut sebagai bentuk percobaan untuk ke depannya wilayah Benyamin Sueb bisa menjadi ekosistem baru atau sportainment.

"Tak lupa di sini juga ada tinju, kita trial apakah ekosistem ini juga bisa menjadi ajang sportainment. Jadi kombinasi antara drag race dan boxing. Kita berharap menjadi sportainment yang bisa menjadi kegiatan positif yang bermanfaat," tuturnya.

Fadil juga mengimbau kepada para remaja, setelah dilakukannya gelaran street race ini, angka balap liar ilegal yang memblokir jalanan umum ke depannya bisa ditekan.

"Ekosistem yang terdiri dari pembalap, mekanik, dan UMKM pendukung tentunya akan bergeliat dalam acara sportainment. Total ada 1.050 orang (pembalap), ini luar biasa. Semoga ini bisa menyiarkan kepada komunitas dan koleganya agar stop trek-trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif, pasti kita akan fasilitasi," pungkasnya.

Simak Video 'Jalan Kemayoran Ditutup Jelang Gelaran Street Race':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT