Nekat Setting Motor di Luar Arena Street Race Kemayoran, Pemuda Ini Ditegur

ADVERTISEMENT

Nekat Setting Motor di Luar Arena Street Race Kemayoran, Pemuda Ini Ditegur

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 03 Sep 2022 13:11 WIB
Remaja setting motor di luar lintasan street race Kemayoran (Wildan/detikcom)
Remaja 'setting' motor di luar lintasan street race Kemayoran. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ajang street race yang digagas Polda Metro Jaya digelar hari ini di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun, di tengah gelaran tersebut, terdapat sejumlah remaja yang memacu motornya dengan kecepatan tinggi di luar lintasan street race.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 12.29 WIB, Sabtu (3/9/2022), terlihat sekelompok remaja melakukan balapan di sana. Terlihat mereka menyalakan terlebih dahulu kendaraan motornya dan langsung melaju dengan kecepatan tinggi.

Sementara itu, saat melakukan aksi tersebut, terlihat kendaraan baik roda dua maupun roda empat melintas di jalanan tersebut. Lintasan street race diketahui berada di jalur cepat Jalan Benyamin Sueb dan jalur lambat masih bisa dilintasi pengendara umum.

Belum diketahui apakah aksi tersebut merupakan kegiatan street race ilegal atau peserta street race Polda Metro Jaya yang melakukan setting motor sebelum menggelar balapan. Saat melakukan aksi tersebut, para remaja tersebut mendapatkan teguran dari panitia penyelenggara.

"Tidak ada yang nyetting di luar, mohon pengertiannya," kata salah seorang panitia melalui pengeras suara.

Diketahui, Polda Metro Jaya hari ini menggelar street race di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara ini difasilitasi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Street race akan digelar pada Sabtu (3/9) dan Minggu (4/9) diikuti 1.025 peserta.

"Pak Kapolda akhirnya fasilitasi dengan street race ini sehingga diharapkan tidak ada lagi (balap liar) karena sudah kita salurkan di sini," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat (2/9).

Polisi dan sejumlah komunitas balapan jalanan pada Jumat (2/9) telah bertemu. Komunitas balap ini melakukan deklarasi setop balapan jalanan.

"Kita ingin satukan perasaan dan energi kita. Tentunya Polda Metro fasilitasi ini dan ini dimanfaatkan bersama-sama. Karena kalau kita laksanakan balapan yang tidak ada pengaman, tidak kita awasi, masalah safety kepada pengemudi itu sendiri dan itu juga mengganggu ketertiban umum," kata Latif.

Latif kemudian menyinggung soal angka kecelakaan di Jakarta. Dia menyebut angka kecelakaan di Ibu Kota dalam tahap memprihatinkan. Dari data yang dimiliki kepolisian, setidaknya ada lima orang meninggal dunia di Jakarta akibat kecelakaan lalu lintas.

Latif menambahkan ajang street race yang difasilitasi kepolisian ini diharapkan mampu menekan angka balapan liar di Jakarta. Dia pun meminta peran komunitas motor untuk bersama-sama menghilangkan kegiatan balapan liar di Ibu Kota.

"Di street race keempat ini, saya harapkan ke depannya tidak ada lagi balapan-balapan yang ada tanpa ada pengawasan kita. Kita tetap akan asistensi dan saya minta dukungan dari pada komunitas untuk bantu polantas dan rangkul mereka, ajak mereka di kegiatan ini," jelas Latif.

Simak Video 'Jalan Kemayoran Ditutup Jelang Gelaran Street Race':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT