Polisi: 101.355 Ekstasi Dikirim ke Jakarta Diduga buat Pasokan Tahun Baru

ADVERTISEMENT

Polisi: 101.355 Ekstasi Dikirim ke Jakarta Diduga buat Pasokan Tahun Baru

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 02 Sep 2022 19:43 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Akmal
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Akmal (Foto: dok. Polres Jakbar)
Jakarta -

Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menggagalkan penyelundupan 101.355 butir ekstasi beberapa waktu lalu. Ekstasi tersebut diduga akan diedarkan untuk pasokan pergantian tahun.

"Kemungkinan untuk pasokan menjelang akhir tahun," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Akmal kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Sementara itu, Wakasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Arif Purnama Oktora mengungkapkan ekstasi tersebut berasal dari jaringan Eropa.

"Dari hasil pendalaman tersangka, 100 ribu butir (pil ekstasi) diduga berasal dari Eropa," kata Arif.

Satu butir pil ekstasi dijual senilai Rp 50 ribu. Selain ekstasi, polisi berhasil mengamankan narkoba jenis sabu dan ganja dari jaringan yang sama.

"Sebanyak 101.355 butir pil ekstasi senilai Rp 50 miliar berikut dengan ganja dan sabu," katanya.

Sebelumnya, Polres Jakbar mengungkap jaringan pengedar ekstasi di Provinsi Riau. Dua pelaku merupakan jaringan internasional yang menyelundupkan ekstasi total 101.355 butir via jalur laut melalui perairan Provinsi Riau.

"Di Selat Malaka antara Malaysia dengan Provinsi Riau itu, terdiri dari pulau-pulau, ada banyak jalur sungai. Jadi dengan geografis banyaknya jalur sungai, itu yang digunakan oleh para pelaku untuk menyelundupkan narkotika memasuki Provinsi Riau," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce saat jumpa pers di Polres Metro Jakarta Barat, Senin (15/8).

Pasma mengatakan ekstasi yang diselundupkan itu rencananya dibawa ke DKI Jakarta menggunakan jalur darat. Namun kemudian digagalkan oleh tim Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat.

Dua orang kurir,laki-laki berinisial M (40) dan S (31), ditangkap polisi. Bersamaan dengan itu, Satresnarkoba Polrestro Jakarta Barat turut mengamankan beberapa barang bukti, di antaranya 6 plastik besar berisi 30.500 butir pil ekstasi berwarna pink, 16 plastik besar 70.855 butir pil ekstasi berwarna hijau, 5 buah plastik klip narkotika jenis sabu dengan bruto 72,86 gram, 1 buah plastik narkotika jenis ganja dengan berat bruto 46,35 gram, dan 3 unit handphone milik tersangka.

"Berdasarkan dari pengakuan yang bersangkutan, ini (mereka) sudah lebih dari lima kali melakukan pengiriman dari Riau ke Jakarta," kata dia.

Lihat juga video 'Polda Jateng-Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu Afrika Rp 500 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT