Mantan Hakim Konstitusi Achmad Roestandi Wafat

ADVERTISEMENT

Mantan Hakim Konstitusi Achmad Roestandi Wafat

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 30 Agu 2022 11:40 WIB
Achmad Roestandi
Achmad Roestandi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mantan hakim konstitusi Achmad Roestandi tutup usia pada usia 81 tahun. Hakim konstitusi 2003-2008 itu lama berkarier di ABRI dengan pangkat terakhir letnan jenderal (letjen).

"Iya, benar. Wafat pagi ini," kata Jubir Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (30/8/2022).

Achmad Roestandi bin Achmad Syafei meninggal di RS Al Islam Bandung. Alamat duka di Sharon Garden, Komplek Grand Sharon Residence, Soekarno Hatta, Bandung.

"Jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga di Desa Baros Arjasari - Banjaran. Berangkat dari rumah duka pukul 13.00 WIB," ujarnya.

Achmad Roestandi dilahirkan di Banjaran, Jawa Barat, 1 Maret 1941. Achmad Roestandi lama berkarier di Angkatan Darat dengan pangkat terakhir letjen. Selain itu, Achmad Roestandi pernah menjadi Dekan FH Universitas Ibnu Khaldun (1967-1969).

Pada 1989-2000, Achmad Roestandi ditempatkan ABRI duduk menjadi anggota DPR/MPR dan pernah menjadi Ketua Fraksi TNl/ Polri. Selepas dari militer, Achmad Roestandi memimpin Kantor Hukum RSR, Direktur Eksekutif LKBH Pro Patria, dan Direktur LBH & HAM Citra Siliwangi di Bandung.

Kedekatannya dengan dunia politik mengantarnya menjadi hakim konstitusi angkatan pertama, 2003-2008.

"Segenap keluarga besar Mahkamah Konstitusi turut berdukacita yang mendalam atas wafatnya Letjen TNI (Purn) H Achmad Roestandi, SH, hakim konstitusi masa jabatan 2003-2008. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya," tulis akun Twitter MK.

Lihat juga video 'MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(asp/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT